by

Nyaris Tenggelam di Perairan Lermatang, KMP Dausa Dievakuasi

-Maluku-357 views

AMBON,MRNews.com,- KMP Dausa KW 02 hampir saja tenggelam di perairan desa Lermatang Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) akibat dihantam gelombang, Rabu (4/12/19). Seluruh awak kapal yang jumlahnya 30 orang selamat termasuk barang bawaan.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Roem Ohoirat katakan, KM Dausa KW 02 yang berangkat dari pelabuhan Yos Sudarso Saumlaki Kecamatan Tanimbar Selatan, Rabu (4/12) siang tujuan Pelabuhan Desa Adaut Kecamatan Selaru dengan penumpang 30 orang dan muatan antara lain kendaraan bermotor roda dua 2 unit, Sembako sekitar 1 ton, Pertalite 12 jerigen dan Solar 4 jerigen alami kecelakaan laut di Perairan Desa Lermatang.

“Dalam pelayaran, sekitar pukul 13.20 Wit tepatnya di perairan sekitar Desa Lermatang KMP. Daussa KW 02 diterpa gelombang yang mengakibatkan masuknya air pada jaluan kapal. Juru mudi kemudian mengambil inisiatif untuk berlabuh di depan perairan Desa Lermatang pada koordinat 08° 00.579 LS, 131° 14.110 BT,” ungkap Ohoirat dalam rilisnya, Rabu (4/12) malam.

Setelah menerima laporan dari seorang nelayan Ode Thamrin dan atas perintah Kasat Polairud Polres Tanimbar Ipda J.M. Seleky diakuinya, personil piket SPKT dan beberapa personil Sat Polairud langsung mendatangi TKP dengan KP. 2010 milik Sat Polair Polres Tanimbar untuk memberi bantuan dan mengevakuasi muatan KM Dausa KW 02 menggunakan long boat nelayan Desa Lermatang serta beberapa speed boat penumpang.

Untuk 30 orang penumpang KMP menurutnya, telah dilakukan evakuasi ke Desa Lermatang guna selanjutnya dibawa ke Saumlaki melalui jalur darat. Tagal kejadian itu, dua orang mengalami luka-luka yakni luka sobek pada bagian kaki kiri karena terkena muatan zenk Samuel Rangkouw (73) dan satu orang lagi luka memar/iritasi pada kulit bagian perut karena terkena BBM jenis premium.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian dimaksud. Kerugian materiil diperkirakan sekitar Rp. 300.000.000. Adapun personil yang terlibat dalam proses evakuasi diantaranya Sat Polair Polres Tanimbar, personil Pos Kawasan Pelabuhan, Basarnas, Polsek Selaru dan personil AL,” beber Ohoirat. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed