by

Netralitas TNI/Polri di Pilkada Kembali Diingatkan

-Politik-274 views

AMBON,MRNews.com,- Netralitas Polri dan TNI pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak September 2020 kembali diingatkan oleh pimpinan tinggi kedua institusi itu. Pasalnya, netralitas Polri dan TNI di event politik nasional termasuk di Maluku nantinya sudah menjadi harga mati dan komitmen bersama.

“Saya dan bapak Kapolri mengingkatkan, TNI dan Polri harus mensukseskan event nasional ini. Sehingga harapan kita semua pelaksanaan Pilkada serentak dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses. Terutama sesuai komitmen kita bersama bahwa TNI dan Polri tetap harus netral dalam Pilkada,” ingat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan pengarahan kepada prajurit TNI dan Polri di Lantamal IX Ambon, Jumat (17/1/2020).

Dirinya juga ingatkan, adanya prediksi alam dengan hujan lebat dan angin oleh BMKG, maka seluruh unit TNI dan Polri menyiapkan diri untuk membantu masyarakat bila terjadi banjir dan tanah longsor.

Penting juga menjaga keseimbangan alam, tidak adanya eksploitasi SDA sembarangan termasuk pengamanan wilayah-wilayah yang jadi tanggungjawab bersama khususnya lingkungan hidup di seluruh wilayah tangungjawab Kodam XVI/Pattimura dan Polda Maluku.

“Saya juga bangga melihat bahwa prajurit TNI dan Polri begitu menyatu satu pelangi dengan warna yang berbeda, mereka bisa bersatu. Saya yakin ini bukan hanya seremonial tapi adalah implementasi kerja sampai ke tingkat bawah yaitu Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang mampu bekerjasama mengatasi kesulitan rakyat di tingkat desa. Jaga tetap hubungan baik dan kerjasama TNI-Polri. Jangan biarkan ada cela untuk kita dipisahkan,” beber Hadi.

Senada, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis meminta Polri dan TNI di Maluku, teruskan sinergitas ini karena Polri dan TNI adalah bagian dari NKRI yang harus dijaga terus agar selalu tegak berdiri sampai kapanpun.

Apalagi tantangan kedepan khususnya di tahun ini yaitu akan menghadapi Pilkada serentak. Namun dengan solidaritas yang sekarang, diyakini mampu mengantarkan Polri dan TNI dalam melaksanakan tugas demi NKRI yang aman, damai dan sejahtera.

“Pegang teguh netralitas. Jangan ke kiri dan ke kanan. Ikuti tugas yang diperintahkan oleh komandan agar keamanan di Maluku dan khususnya kabupaten/kota yang menggelar Pilkada dapat selalu terjaga dengan baik. Saya merasakan solidaritas dan sinergitas TNI-Polri sangat nampak di Maluku. Terima kasih atas sinergitas sangat luar biasa ini. Semuanya terlihat pada pengamanan Natal dan Tahun Baru serta berbagai kegiatan lain di Maluku,” pesan mantan Kapolda Metro Jaya itu. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed