Negeri Iha & Kulur SBB Kini Miliki TBM

AMBON,MRNews.com,- Negeri Iha dan Kulur, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) kini memiliki taman bacaan masyarakat (TBM) Rumah Inspirasi Iha Ulupia yang bisa dimanfaatkan sebagai wadah mengasah pengetahuan dan skill anak-anak maupun siswa/siswi termasuk masyarakat negeri tersebut lewat membaca sebagaimana motto TBM “ciptakan 1001 karya, menumbuhkan semangat berliterasi. Peresmian TBM itu dilakukan Wakil Bupati SBB Timotius Akerina, Rabu (7/8/19).

Pada kesempatan peresmian, Akerina kehadirannya selain sebagai pemimpin di bumi Saka Mese Nusa tetapi juga karena keterpanggilan sebagai bagian dari anak adat yakni gandong. Karenanya patut diapresiasi pemuda-pemudi negeri Iha-Kulur dalam merumuskan wadah untuk membina generasi lewat TBM ini. Sebab merupakan langkah cerdas untuk membentuk generasi emas di negeri Iha-Ulupia.

Akerina pun menghimbau masyarakat di negeri Iha-Kulur agar dapat memanfaatkan wadah TBM yang telah disiapkan agar kedepannya generasi emas melimpah ruah di dalam negeri beradat tersebut. Sembari ingatkan pemerintah negeri Iha maupun Kulur untuk terus mengawal rumah inspirasi melalui sinergitas program yang kedepannya akan dicetus.

“Langkah ini kami wajib memberikan apresiasi kepada para penggagas dan pengurus atas ide brilian ini. Sebab tujuannya untuk membentuk generasi emas di negeri Iha-Ulupia. Masyarakat, anak-anak harus manfaatkan TBM ini dengan baik. Selamat atas pencapaian para pemuda di negeri Iha-Kulur. Ini baru langkah awal. Pemkab SBBB terutama masyarakat menunggu karya terbaik lainnya,” ujar Akerina.

Sementara Direktur Rumah Inspirasi Iha-Ulupia, Muhammad Fahrul Kaisuku mengaku rumah inspirasi sebagai wadah menyediakan bahan pustaka bagi masyarakat terutama siswa/siswi negeri Iha-Ulupia; tempat pembinaan kemampuan, skill melalui literasi dan pemberdayaan lain yang berkaitan. Upaya meningkatkan minat, kecintaan masyarakat terutama pelajar pada buku bacaan; memperkaya pengalaman dan pengetahuan; menumbuhakan kegiatan belajar yang rutin; menambah wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menggenjot pemberdayaan sebagai implementasi bacaan.

“Keberadaan TBM Rumah Inspirasi ini tidak lepas dari peran pemerintah negeri Iha dan Kulur atas bantuan pendirian bangunan yang berukuran 5×6 meter. Juga Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis, H. Hambra Samal serta patner yayasan BUMN peduli negeri melalui ketua Hardjawan Balaningrat atas bantuan dan perhatian sehingga peresmian TBM ini berlangsung sukses. Serta kepada semua pihak yang telah membantu, maaf jika tak sempat kami sebut satu persatu. Kepercayaan basudara semua akan kami rawat melalui kekaryaan nyata,” kunci mantan Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Lintas IAIN Ambon.

Peresmian TBM Rumah Inspirasi turut dihadiri pula Raja Negeri Iha yang diwakili saniri Negeri Haji Sad Kaisupy, Raja Negeri Kulur yang diwakili Sekretaris Abd. Rahim Samal, Kapolsek Huamual Ipda. Elnath S Wafiq Gemilang, tokoh pendidik Ramli Pikahulan, anggota DPRD SBB terpilih Djosen Kaisupy, Babinsa Iha-Kulur Serma Dulhamid Putuhena. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *