by

Nasabah Keluhkan Pelayanan Bank Mandiri Cabang Ambon

AMBON,MRNews.com,- Beberapa nasabah yang menanamkan modalnya alias mendepositkan sebagian uang mereka ke Bank Mandiri Cabang Ambon mengeluhkan pelayanan bank plat merah itu.

Mereka dibuat resah dan kecewa lantaran uang yang didepositkan mengalami hal tidak wajar. Sebab, suku bunga bank mengalami perubahan tanpa pemberitahuan awal kepada nasabah yang sudah mendepositkan uangnya sejak setahun lalu.

NM, salah satu nasabah yang mengeluhkan pelayanan di Bank Mandiri-Ambon. Menurut dia, mestinya masyarakat/nasabah mendapat prioritas demi mendongkrak kondisi Bank Mandiri Cabang Ambon yang sudah percaya sehingga bisa mendeposit uang, bukan dibuat kecewa .

Dikatakan NM, sejak tahun 2019, dia depositkan uang ke Bank Mandiri dengan suku bunga tahun itu 6,50 persen. Dengan interval waktunya per tiga bulan diambil bunganya. Tapi selama setahun ini, ada terjadi perubahan dengan turun suku bunga selama beberapa kali.

“Perubahan suku bunganya dari awal 6,50 persen menjadi 5,75 persen, dan 5,50 persen. Perubahan suku bunga ini pihak Bank Mandiri Cabang Ambon tidak memberi informasi kepada para nasabah,” jelas NM kepada wartawan di Ambon, Senin (10/8/2020).

Diakui NM, saat bertemu Pimpinan Cabang Bank Mandiri Ambon J. Latuheru untuk bertanya soal perubahan suku bunga, Latuheru tidak mampu mengambil tindakan atau kebijakan terhadap langkah yang terjadi, lantaran turunnya bunga bank sampai 5,50 persen.

“Tak puas, saya langsung temui pimpinan Bank Mandiri pa Latuheru. Namun, beliau tidak menyanggupi untuk menangani kesalahan yang terjadi terhadap nasabahnya,” tutur NM menirukan ucapan Latuheru.

NM menjelaskan, dirinya mendepositkan uang sejak 6 Agustus 2019 lalu, dan batasnya selama setahun. 6 Agustus 2020 kemarin atau tepat setahun masa deposit, NM akan mengambil deposit uang dan rencananya berhenti menjadi nasabah Bank Mandiri. Tapi dibuat kaget karena suku bunga terjadi perubahan.

“Ini jadi pukulan bagi pihak Bank Mandiri Cabang Ambon, jika nasabah tidak mendapat pemberitahuan turunnya bunga bank. Otomatis nasabah dirugikan. Saya berencana selesaikan masalah ini hingga tuntas, dan saya berhenti menjadi nasabahnya,” tegasnya.

Mungkin dengan nilai Rp. 1 miliar kata dia, tidak berarti bagi pimpinan dan para karyawan Bank Mandiri, tapi dengan nasabah yang merupakan masyarakat kecil dan uang mereka yang disimpan di bank, bukan kredit dari bank sangat berarti.

Lebih lanjut kata dia, ada nasabah lain mungkin juga merasa tidak puas dengan pelayanan Bank Mandiri Cabang Ambon yang tidak memberi informasi mengenai perubahan suku bunga bank itu tapi belum berani buka suara. Padahal langkah koreksi ini demi perbaikan pelayanan Bank Mandiri dan kepuasan nasabah.

“Mestinya mereka informasi kepada nasabah ada perubahan bunga bank. Karena Bank Indonesia telah menyampaikan perubahan bunga bank ke setiap bank. Tetapi, kenapa Bank Mandiri tidak melanjutkannya ke para nasabahnya perubahan suku bunga bank itu,” jelasnya.

Terhadap pelayanan tak memuaskan Bank Mandiri Cabang Ambon, diakui NM, dirinya sudah melapor ke kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku. Namun pihak BI menyarankan untuk menyampaikan keluhan itu ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Maluku. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed