by

Naikkan Partisipasi Pemilih Pemula, Mahasiswa, Pelajar & Santri Disasar KPU

AMBON,MRNews.com,- Guna meningkatkan partisipasi pemilih muda dan pemula pada pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang, KPU RI melakukan goes to kampus yang diawali di Universitas Pattimura (Unpatti), Senin (11/9) dan akan berlanjut nanti di IAIN Ambon.

Sosialisasi pendidikan pemilih (Sosdiklih) itu menyasar mahasiswa, dengan narasumber akademisi Universitas Gajah Mada (UGM), anggota KPU Maluku divisi hukum dan pengawasan, Almudatsir Sangadji dan Wakil Rektor II Unpatti, Jance Tjiptabudi. Selain kampus, sekolah dan pesantren juga jadi sasaran.

Sangadji katakan, KPU goes to campus, school dan pesantren ini merupakan strategi KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula dan muda pada Pemilu 2024 mendatang.

“Maluku jadi salah satu daerah sasaran kegiatan karena angka partisipasi hanya 75,9 persen di Pemilu 2019 lalu dari 2,4 juta DPT. Dibawah target nasional, 77 persen, lebih tinggi pada Pemilu 2014. Dengan setengahnya adalah pemilih Pemula (24 persen),” terangnya.

Angka partisipasi ini kata dia, sangat menentukan tingkat kepercayaan dari masyarakat kepada KPU dan soal siapa yang mereka wakili di parlemen dan eksekutif nantinya.

“Diharapkan para mahasiswa yang terlibat dalam Sosdiklih ini nantinya bisa menjadi duta Pemilu, saluran informasi kepada keluarga, tetangga, teman dan semua orang tentang pentingnya salurkan hak pilih dalam Pemilu,” jelas Sangadji.

Sementara Kepala Bagian Sosdiklih (Sosialisasi Pendidikan Pemilih-Parmas) Biro Parmas Setjen KPU RI, Andi Ma’ruf katakan,
basis pemilih yang mendapat perhatian besar adalah mahasiswa dan pemilih pemula, pelajar dan santri, sebabnya dilakukanlah edukasi ini.

“Kegiatan ini dilakukan di 9 Provinsi, Maluku provinsi pertama KPU goes to campus, school dan pesantren. Diawali di Unpatti dan IAIN. Mahasiswa, pelajar dan santri harus jadi subjek Pemilu; agen sosialisasi kepada masyarakat untuk pentingnya salurkan hak pilih. Sehingga diharapkan partisipasi meningkat di 2024,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed