by

Nahkodai HIPMI Ambon, Padang Siap Bersinergi Dengan Pemerintah

AMBON,MRNews.com,- Setelah menjadi calon tunggal, Yermia Padang pun secara resmi ditetapkan menjadi ketua umum BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) kota Ambon periode 2019-2022 melalui forum musyawarah cabang (Muscab) X BPC HIPMI kota Ambon di The City Hotel, Kamis (31/10/19) yang secara aklamasi menyetujui pencalonan Yermia. Bendahara umum BPD HIPMI Maluku itu pun berkomitmen siap bersinergi dengan pemerintah kota (Pemkot) kedepan.

Yermia pada kesempatan itu katakan, sebagai nahkoda HIPMI tiga tahun kedepan tentu memiliki visi utamakan sinergitas dengan pemerintah kota (Pemkot) melalui upaya membangun sektor-sektor riil yang jadi leading sektor kota Ambon untuk dikembangkan bersama pengusaha-pengusaha muda di kota Ambon diantaranya sektor jasa, pariwisata dan perikanan. Tentu juga tidak meniadakan dukungan penuh bagi Ambon sebagai kota musik dunia yang telah diputuskan oleh UNESCO dalam sidang di Paris, Rabu (30/10).

“Kami akan bergerilya untuk mengembangkan tiga sektor itu serta pembinaan wirausaha muda. Sebab kota berkembang juga dilihat dari pengusahanya. Sinergi utama. Termasuk melihat bagaimana teman-teman yang punya passion di dunia musik kita akan dorong dan mencari pasar bagi peningkatan ekonomi kreatif mereka misalnya di cafe, hotel dan sebagainya. Terutama sektor jasa besar peluang maka harus dikembangkan. Visi ini pun direspons positif pa Walikota yang mengharapkan HIPMI kedepan bisa membantu Pemkot ciptakan wirausaha baru dan membuka lapangan kerja guna terwujudnya visi misi Pemkot,” bebernya kepada awak media.

Sebelumnya, ketua umum BPD HIPMI Maluku Jaqueline Margareth Sahetapy mengungkapkan, HIPMI kota Ambon kedepan harus jadi mitra strategis pemerintah untuk berkolaborasi dalam implementasi program pembangunan, yakni menciptakan lapangan kerja, pembinaan wirausaha muda, pembinaan UMKM, serta membuka ruang komunikasi dengan empat senior HIPMI di kabinet Indonesia Maju kolaborasi program.

“HIPMI tidak boleh minta-minta proyek di pemerintah, itu catatan tegas. Ciptakan lapangan kerja sendiri. Bangun networking dan bersinergi dengan Pemkot khususnya. Apresiasi kepada Pemkot yang selalu mendukung HIPMI sepanjang beraktivitas. Saya yakin bung Yermia Padang akan bawa HIPMI kota lebih baik kedepan. Tetap kedepankan solidaritas dan persaudaraan dalam HIPMI,” ujarnya.

Sementara wakil walikota Ambon Syarif Hadler saat membuka acara Muscab mengaku, Pemkot mendukung upaya HIPMI untuk menumbuhkan wirausaha muda dengan menciptakan lapangan kerja dan mendorong investor berinvestasi melalui permudah perijinan. Hal itu positif karena bisa mengurangi tingkat pengangguran.

“Saat ini, partisipasi pemuda atau lulusan di kota Ambon bahkan Maluku dalam berwirausaha sangat rendah. Sebab mereka masih berorientasi jadi PNS dan pegawai lainnya. Selain itu pula, peran HIPMI untuk bersama membantu mengembangkan tiga leading sektor kota Ambon mesti disambut terbuka. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed