by

Musrenbang RKPD 2022, Pembahasan Tahun Terakhir RPJMD Pimpinan Richard-Syarif

AMBON,MRNews.com,- Pemerintah kota (Pemkot) Ambon menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022, Rabu (7/3/21).

Musrenbang kali ini merupakan pembahasan rencana kerja tahun kelima atau terakhir dalam tahapan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kota Ambon tahun 2017-2022 dimasa kepemimpinan Walikota-Wakil Walikota Ambon Richard Louhenapessy-Syarif Hadler.

Pasalnya Richard-Syarif ditahun depan sudah harus mengakhiri masa jabatannya sebagai orang nomor satu dan dua dikota bertajuk City of Music.

“Musrenbang ini untuk tahun terakhir RPJMD masa kepemimpinan saya dan pa Walikota dalam mewujudkan visi Ambon yang harmonis, sejahtera dan religius. Karenanya diharapkan peserta yang terlibat dapat memberi masukan penyempurnaan dan keselarasan RKPD kota Ambon tahun 2022,” harap Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler di Marina Hotel.

Dikatakan, Musrenbang ini penting dan sangat strategis karena menjadi penjabaran rencana kerja tahun kelima.

Dimana pembangunan kota Ambon tahun 2022 ada dalam bingkai pembangunan nasional tahun 2019-2024 dengan tujuh agenda pembangunan yaitu memperkuat ketahanan ekonomi untuk pembangunan yang berkualitas dan berkeadilan, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan.

Kemudian meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan, memperkuat infrastruktur dan mendukung pembangunan ekonomi dan pelayanan dasar, pembangunan lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim serta meningkatkan ketahanan politik, hukum dan keamanan (Polhukam) dan transformasi pelayanan publik.

“Dengan tetap mempertahankan kebijakan nasional maupun pemerintah Provinsi Maluku, maka pembangunan kota Ambon tahun 2022 diarahkan dalam tema “mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat melalui peningkatan sektor pariwisata, ekonomi kreatif dan ketahanan pangan dengan didukung oleh infrastruktur yang berkualitas,” jelas Hadler.

Sejalan dengan itu, sambung Hadler, prioritas program pembangunan kota Ambon tahun 2022 diarahkan untuk meningkatkan capaian standar pelayanan minimal, mempercepat penanganan dan pencegahan dampak Covid-19, peningkatan kualitas infrastruktur pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Peningkatan ketahanan ekonomi, ketahanan pangan berkelanjutan, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan terhadap bencana dan perubahan iklim, serta peningkatan kualitas SDM dan harmonisasi sosial. Termasuk juga akan diinclude didalamnya, Ambon sebagai kota musik dunia dan rencana revitalisasi benteng victoria,” kuncinya.

Pada kesempatan itu, sekretaris Bappeda Litbang Kota Ambon Christian Tukloy penyusunan RKPD kota Ambon tahun 2022 telah didahului dengan Musrenbang di desa/negeri dan kelurahan serta tingkat kecamatan.

Kemudian telah melalui forum perangkat daerah serta desk pembahasan rencana kerja dalam bentuk verifikasi usulan dan mensinergikan pokok-pokok pikiran DPRD.

“Musrenbang ini diikuti 150 peserta dari pimpinan perangkat daerah, camat, lurah/raja, pimpinan dan anggota DPRD, tim penggerak PKK, pimpinan organisasi keagamaan, akademisi, LSM, asosiasi profesi. Dengan narasumber utama Direktur Tata Ruang dan Penanggulangan Bencana Kementerian PPN/Bappenas Sumedi Andono Mulyo serta Bappeda Maluku,” demikian Tukloy dalam laporannya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed