by

Musik Bakal Masuk Kurikulum Sekolah Tahun Depan

AMBON,MRNews.com,- Muatan lokal berbasis musik bakal masuk dalam kurikulum pendidikan sekolah di kota Ambon mulai dari tingkat SD-SMP yang direncanakan pada tahun ajaran baru 2020. Langkah ini sebagai dukungan terhadap kota Ambon yan telah ditetapkan UNESCO sebagai kota kreatif UNESCO kategori musik di Paris, Rabu (30/10/19).

“Jadi dinas pendidikan memang sudah berpikir untuk membuat kurikulum lokal yang berbasis musik. Kepentingan kita tentunya bagi anak-anak di tingkat SD dan SMP. Sebenarnya langkah ini kami sudah tempuh sejak beberapa bulan lalu dengan Ambon Music Office (AMO), tinggal bagaimana mendudukan porsinya supaya kurikulum lokal dengan muatan musik ini bisa betul-betul mendukung Ambon sebagai kota musik dunia,” ujar kepala dinas pendidikan kota Ambon Fahmi Salatalohy kepada awak media di lantai II Balaikota Ambon, Kamis (31/10).

Dalam pandangan awal memang nanti kata Fahmi, akan melihat guru-guru seni yang memiliki keahlian di musik totobuang, tahuri, gitar, suling dan sebagainya mengajar anak-anak. Spesifikasi musik lokal tapi juga dipadukan dengan modern.

“Nanti kita upayakan akan dibuat satu konsep. Tentunya yang bisa mempertimbangkan itu AMO sebagai ahli di bidang musik. Jadi guru-guru yang punya pengetahuan tentang musik, bukan lokal saja tapi modern. Karenanya akan menjadi perpaduan yang baik sehingga betul-betul kita mendapat satu konsep utuh tentang kurikulum lokal khususnya musik yang akan menjadi sumbangsih bagi pengembangan Ambon sebagai kota kreatif berbasis musik di dunia,” bebernya.

Lebih lanjut menurut Fahmi, konsepnya tidak sama dengan ekstrakurikuler seperti pramuka, basket dan lainnya. Tapi benar-benar jadi pelajaran utama yang bernilai. Sebab ada teori dan praktek. “Kalo masuk eskul, posisinya sama dengan kegiatan eskul lain. Tapi sebenarnya kompetensinya masuk di kurikulum muatan lokal. Itu yang paling ideal karena pasti didalamnya ada teori tapi juga praktek dalam pengembangkan kurikulum muatan lokal,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed