Museum Siwalima-IAKN Ambon Sepakat Bangun Kerjasama

AMBON,MRNews.com,- Museum Siwalima Provinsi Maluku dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon sepakat untuk berkolaborasi atau membangun kerjasama pelayanan di bidang pariwisata budaya dan agama. Hal itu terjadi setelah dilakukannya penandatanganan kerjasama atau memorandum of understanding antara kedua belah pihak yang diteken Rektor IAKN Ambon Agusthina Ch. Kakiay dengan Kepala Museum Siwalima Yean Esther Saya di Hotel Marina Ambon, Kamis (8/8/19).

Pada kesempatan itu, Rektor berharap bahwa kerjasama yang terbangun ini memberi berkontribusi bukan hanya untuk pihak kampus IAKN Ambon maupun Museum Siwalima tetapi kepada siapapun yang bertanggungjawab mewariskan kepada generasi penerus yang akan belajar lebih lanjut tentang warisan seni budaya Maluku. Terutama generasi penerus yang harus memperoleh informasi jauh lebih baik dan valid sehingga memperkaya khazanah mereka terkait budaya Maluku.

“IAKN Ambon membangun kerjasama dengan Museum Siwalima karena kita merasa terkendala di berbagai bidang data dukumen tertulis dan hasil-hasil kajian yang dibutuhkan beberapa program studi (Prodi) dan fakultas di IAKN Ambon, sehingga di forum diskusi maka IAKN Ambon memutuskan Museum Siwalima sebagai lembaga yang tepat untuk melakukan kerjasama lebih konkrit kedepannya. Beragam informasi tentang warisan budaya, seni dan pariwisata Maluku yang tersimpan di museum bisa dikembangkan IAKN Ambon yang memiliki beberapa peneliti dan kita mengerjakannya bersama pihak museum” tandas Kakiay.

Sementara itu, Kepala Museum Siwalima Yean Esther Saya mengungkapkan, sesuai tupoksinya maka museum bertugas sebagai lembaga tempat menyimpan, merawat dam memelihara, memamerkan dan menginformasikan koleksi-koleksi sejarah dan peninggalan leluhur kepada masyarakat. Dimana data koleksi museum saat ini berjumlah 5300 koleksi dan hanya bersifat data awal saja karena terkendala dengan belum adanya peneliti di Museum Siwalima sehingga data koleksi belum dikaji secara baik.

“Saya sangat mengapresiasi prakarsa IAKN Ambon karena baru pertama kali Museum Siwalima bekerjasama dengan perguruan tinggi. Diharapkan dari kerjasama ini, museum dapat difungsikan sebagai Laboratorium, observasi dan penelitian. Laboratorium untuk mahasiswa IAKN Ambon melakukan PKL tetapi juga sebagai tempat observasi dan penelitian bagi mahasisiwa Prodi pariwisata budaya dan agama serta Prodi agama budaya dan fakultas seni keagamaan” kunci Esther. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *