by

Murad-Orno Harus Cerdas & Arif Mengambil Keputusan

AMBON,MRNews.com,- Provinsi Maluku telah ada diusia 76 tahun. Usia yang tak lagi muda, namun telah dewasa dan matang termasuk karakter sang pemimpin harus yang memiliki kedewasaan, kecerdasan dan kearifan dalam memimpin terutama mengambil setiap keputusan.

Kritikan tak hanya datang dari sejumlah organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) terhadap kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail-Barnabas Orno yang menilai keduanya “gagal”, tapi juga diutarakan beberapa tokoh agama.

Ketua umum MPH Sinode GPM Pendeta Elifas Maspaitella berharap, pemerintah provinsi Maluku dibawah komando Murad-Orno semakin mampu mengelola seluruh permasalahan daerah yang ada. Karena itu harus lebih arif dalam mengambil sebuah keputusan.

Terutama bagi program-program kesejahteraan dan penciptaan suasana Maluku sebagai provinsi yang damai, toleran dalam rangka menopang kehidupan berbangsa yang lebih kuat dimasa-masa kedepan.

“Butuh kerjasama semua elemen juga tak hanya pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan yang marak di daerah, salah satunya persoalan kemiskinan. Termasuk lembaga agama. Maka yang dimaksudkan dengan kolaborasi diantara semua elemen itu perlu,” tandas Maspaitella kepada media ini di Ambon, Jumat (20/8).

Apalagi dimasyarakat Maluku ini menurutnya, kepemimpinan itu tidak hanya berpusat pada satu sistem saja tetapi dia berpusat kepada seluruh sistem, termasuk didalamnya sistem agama.

Senada, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Abdullah Latuapo berharap, 76 tahun Maluku harus menjadi refleksi dan kritikan bagi semua stakeholder agar bisa bersama-sama bergandengan tangan membantu pemerintah untuk memajukan Maluku kedepan agar lebih jaya, maju dan lebih baik.

“Terutama tugas pa Gubernur dan wakil Gubernur agar mampu mengeluarkan Maluku dari persoalan kemiskinan dan lain sebagainya. Selain memang tugas kita juga membantu memajukan Maluku kedepan dari berbagai sektor. Keamanan, kenyamanan itu perlu menjadi utama untuk kita terus jaga,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed