by

Mulai Hari Ini, Tak Pakai Masker, Rapid Tes Ditempat

AMBON,MRNews.com,- Mulai hari ini, Senin 14 Desember 2020, warga kota Ambon yang beraktifitas diluar rumah tanpa memakai masker akan langsung ditindak petugas Satgas Covid-19 kota Ambon untuk dilakukan Rapid tes saat itu ditempat.

Juru bicara Satgas Covid-19 kota Ambon Joy Adriaansz katakan, kebijakan itu ditempuh bukan untuk menakut-nakuti warga tetapi bentuk ketegasan pemerintah kota (Pemkot) Ambon dan Satgas Covid-19 bahwa masker menjadi aspek sangat penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ketika beraktivitas diluar rumah.

Karena itu, menurutnya wajib dijalankan dan sedari awal Covid-19 mewabah selalu diingatkan agar disiplin masker. Sebab memang saat ini masih kedapatan pelanggaran masker yang dilakukan warga. Baik secara perorangan maupun berkendara, meski tidak banyak.

“Hari ini mungkin sosialisasi masif, besok baru penindakan. Langkah ini bukan untuk takuti warga. Tetapi upaya kita untuk tegas dan ketat dalam penerapan protokol kesehatan. Bukan karena ada petugas atau terpaksa baru pakai masker, tapi itu kebutuhan sekarang ini,” tandas Joy via WhatsApp, Senin (14/12).

Ketika dilakukan Rapid tes ditempat menurut Joy, jika hasilnya reaktif maka warga yang bersangkutan akan Swab tes. Sesuai prosedur, bila Swab positif harus dikarantina. Sebaliknya bila Rapid non reaktif maka bebas beraktivitas dengan harapan tetap disiplin protokol kesehatan (Prokes).

“Apalagi kasus positif Covid-19 seminggu terakhir naik signifikan yang hingga Minggu (13/12) mencapai 3623. Namun diseimbangkan dengan angka sembuh juga tinggi 3108 orang. Sehingga disiplin masker dan Prokes harus ditingkatkan,” ingat Kadis Kominfo-Sandi Kota Ambon itu.

Tak lupa selain wajib pakai masker, pihaknya juga mengingatkan warga kota agar tetap menjaga jarak, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan. Hal itu sebagai bentuk partisipasi dan tanggungjawab masyarakat membantu pemerintah dan Satgas.

“Dengan melakukan semua itu, maka upaya melawan Pandemic Covid-19 dengan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 akan berhasil. Sebab pemerintah dan Satgas tidak bisa kerja sendiri tanpa dukungan masyarakat lewat displin 4M itu,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed