by

MSS : SANTUN Menang, Publik Ingin Assagaff Pimpin Maluku

-Maluku-34 views

AMBON,MRNews.com,- Lembaga media survey dan strategi (MSS) memprediksi, pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku nomor urut 1, Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN) akan jadi pemenang Pilkada Maluku, 27 Juni 2018 nanti dengan 34, 70 persen. Disusul Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) dan posisi buncit Murad Ismail-Barnabas Orno (Baileo) 24,90 persen. Dimana margin antara SANTUN-HEBAT 8,4 persen, HEBAT-BAILEO 1,4 persen dan tidak tahu/jawab 14,10 persen.

“Dari hasil itu, maka 35,00 persen publik menginginkan Said Assagaff kembali memimpin Maluku untuk periode kedua, tinggi. Sedangkan masih enggan menjawab/tidak tahu hanya 31,00 persen dan tidak inginkan di angka 34,00 persen. Itu jika Pilkada hari ini (saat survey,” tandas Direktur MSS, Husein Marasabessy dalam paparan survey Pilkada Maluku di Le Green, Sabtu (23/6/2018).

Ada lima alasan kata Husein publik ingin Assagaff kembali pimpin Maluku. Pertama, hanya Said Assagaff yang tingkat popularitas dan kesukaannya, penuhi syarat kemenangan. Popularitas 91 persen dan akseptabilitasnya 83,6 persen, diatas Abdullah Vanath, Murad Ismail, Herman Koedoeboen. Dua poin itu kunci menang di Pilkada. Kedua, faktor keadaan politik, ekonomi, keamanan, hukum, sosial, dinilai publik baik. Pada angka 65,50 persen, 55,50 persen, 75,80 persen, 70,10 persen dan 80,50 persen.

Alasan ketiga, kata Husein, kinerjanya sebagai incumbent Gubernur dinilai berhasil. Dimana tingkat sangat puas capai 70,40 persen dan tingkat sangat berhasil 69,90 persen. Rata-rata menilai berbeda di angka 22,00 persen. Dengan begitu, dalam rumus Pilkada, jika kepuasan dan keberhasilan incumbent diatas 50 persen maka berpeluang besar terpilih lagi, sebaliknya warning.

Hal keempat, kepuasan publik pada kerja pemerintah sangat puas di angka 50-80 persen. Yakni keamanan, pendidikan, pelayanan kesehatan, transportasi darat, komunikasi, fasilitas umum, transportasi laut, jaringan listrik, infrastruktur jalan. Serta kelima, mayoritas dukungan parpol ke Assagaff. Minus Gerindra, yang kukuh ke MI-Orno dan PDIP yang pecah ke tiga paslon, sisanya ke SANTUN.

“Banyak partai bukan berarti full dukungan, karena kuncinya jualan figur. Kesimpulannya, dengan posisi itu maka jika tidak ada kejadian luar biasa di H-3, prediksi itu sulit berubah, SANTUN Menang, HEBAT-BAILEO berebut runner up dan juru kunci. Swing voters 14,10 persen sangat menentukan. Prediksinya, kecendrungan arus besar diikuti tidak tersebar normal/besar dan ada penyebaran normal pada ketiganya. Partisipasi pemilih juga penentu,” tukasnya.

Husein menambahkan, survey yang dilakukannya periode 4-12 Juni 2018 menggunakan metode multistage random sampling, dengan sampel responden 800 orang tersebar di 11 kabupaten/kota dan margin of error kurang lebih 3,5 persen. Poin lain, politik uang cukup bisa merubah arah pemilih tapi hanya 3,5 persen. Disisi berbeda, sulit karena tipe pemilih Maluku, setia. (MR-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed