Menuju Ambon Smart City, Pemkot Launching E-Planning

AMBON,MRNews.com,-  Guna menuju Ambon Smart City, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon secara resmi me-launching aplikasi perencanaan pembangunan secara elektronik atau E-Planning melalui E-Planev, di Marina Hotel, Rabu (21/3). Pasalnya, E-Planev sangat dibutuhkan di era digitalisasi saat ini berkaitan dengan niatan perencanaan pembangunan daerah yang berkualitas dan transparan.

“Perencanaan pembangunan daerah yang berkualitas dan transparan, sangat dibutuhkan di era digitalisasi saat ini. Beberapa waktu lalu telah dicanangkan Ambon Smart City. Karena itu, Pemkot Ambon berkepentingan untuk me-launching aplikasi perencanaan pembangunan berbasis elektronik, atau E-Planning melalui E-Planev,” tandas Walikota Ambon, Richard Louhenapessy sebelum me-launching dan membuka Musrenbang RKPD Kota Ambon tahun 2019.

Aplikasi ini kata Walikota telah dibangun tahun 2017 lalu dan tahun ini sudah dapat berfungsi. Namun, disadari bahwa belum semua perangkat daerah siap dan terbiasa menggunakan aplikasi perencanaan secara elektronik, sebagaimana paparan Bappeda Litbang kota Ambon.

“Karena itu, saya berharap setiap perangkat daerah dapat secara terus menerus melakukan perbaikan dalam penginputan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah di sistem aplikasi E-Planning ini. Sehingga RKPD kota Ambon tahun 2019 dapat terpublikasi secara elektronik dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat,” tegas Walikota.

Terhadap hal itu pula, kedepan Walikota berharap, aplikasi perencanaan pembangunan ini dapat terintegrasi dalam aplikasi keuangan daerah, sehingga perencanaan dan penganggaran daerah kota Ambon dapat berjalan dengan bersinergi.

“Hal ini sekaligus meminimalkan kesenjangan antara perencanaan daerah dan penganggaran sering tidak bersesuaian. Saya harap pula, kita terus bergandeng tangan memberikan yang terbaik bagi kota Ambon, melalui perencanaan pembangunan yang berkualitas,” demikian Louhenapessy.

Acara tersebut turut dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Maluku, Antonius Sihaloho, Ketua DPRD kota Ambon James Maatita, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, Sekkot Ambon A.G Latuheru, Forkopimda serta OPD Pemkot Ambon. (MR-05)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *