by

Mensos Tersangka, Dinsos Ambon : Bansos COVID-19 Tak Berpengaruh

AMBON,MRNews.com,- Dinas sosial (Dinsos) Kota Ambon pastikan penyaluran bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat terdampak Covid-19 bulan Desember di Kota Ambon tak berpengaruh meski Menteri Sosial RI Juliari Batubara telah ditetapkan jadi tersangka oleh KPK akibat dugaan korupsi dana Bansos Covid-19.

“Seluruh masyarakat terdampak Covid-19 di Ambon akan mendapatkan Bansos, tidak terpengaruh. Bantuan sudah jalan dan Desember ini terakhir. Minggu ini kita buru, mungkin minggu depan sudah tuntas,” ujar Sekretaris Dinsos Ambon Naldo Djelelep kepada awak media di Balaikota Ambon, Senin (7/12).

Menurutnya, kasus yang menimpa Menteri Sosial (Mensos) adalah murni urusan pribadi dan pemerintah pusat yang nantinya menyelesaikan karena itu urusan pusat. Didaerah apalagi kota Ambon sama sekali tidak berdampak.

“Soal itu, tidak menjadi kewenangan kita didaerah untuk melihatnya. Biarlah apa yang terjadi dipusat, itu menjadi kewenangan disana. Intinya tidak mempengaruhi penyaluran Bansos Covid-19 di Ambon,” sebut Naldo.

Untuk jumlah penerima Bansos di Desember dia mengaku belum tahu rincian pasti totalitas. Tapi diperkirakan berkisar antara 11 ribu hingga 12 ribu kepala keluarga, berkaca dari penyaluran bulan-bulan sebelumnya. Dimana data warga penerima Bansos keluar dari desa/kelurahan bukan Dinsos.

“Bansos berasal dari APBD Kota Ambon berupa sembilan bahan pokok (Sembako). Data yang masuk itu lewat RT/RW. Karena harus mengetahui mereka. Kalau terjadi perubahan, mekanismenya kan sudah diatur,” terangnya.

Jika ada data yang masih kurang atau salah, pihaknya kembalikan ke RT, RW dan desa kelurahan setempat sebab domain mengatur ada pada mereka dan agar Bansos bisa tepat sasaran.

“Mekanisme ini diluar dari bantuan-bantuan sosial lain yang dikeluarkan Kementerian Sosial sendiri yang sudah menjadi rutinitas dari tahun ke tahun,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed