by

Menkes Janji Cari Lahan Baru RS Ishak Umarella

AMBON,MRNews.com,- Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Djuwita Moeloek berjanji akan mencari lahan baru yang representatif dan aman bagi rumah sakit (RS) dr Ishak Umarella, Desa Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan.

Diketahui, akibat gempabumi berkekuatan 6,5 SR pada 26 September lalu dan 5,2 SR pada 10 Oktober, RS Ishak Umarella mengalami rusak berat. Hal ini pun membuat semua pasien diungsikan sementara waktu dan pelayanan seluruh RS dipindahkan ke tenda pengungsian darurat bersama ratusan pengungsi lainnya di lapangan sepakbola kampus Universitas Darrusalam (Unidar) Tulehu.

“Epicentrum gempabumi berada di lokasi dekat RS. Jadi harus dipikirkan barangkali kita tidak mungkin kembali kesana lagi untuk membangun RS. Tetapi mencari lahan yang lebih aman. Disini lebih bagus tapi ini hanya sementara,” ungkap Menkes kepada awak media saat meninjau kondisi RS dr Isak Umarella darurat di tenda darurat kampus Unidar Tulehu, Rabu (16/10/19).

Artinya pun lanjutnya akan memindahkan misalnya dengan meminjam gedung kampus Unidar untuk jalannya pelayanan kesehatan, tapi sementara pakai tenda dulu. Lagipula pelayanan kesehatan tetap berjalan sebagaimana seharusya.

“Tolong juga disiarkan karena saya selalu dengar seolah-olah kita tidak melakukan pelayanan kesehatan. Ini kita lakukan. Apalagi dokter-dokter semua mereka tinggal disini, sambil tinggal di mobil, ada 6 dokter spesialis. Jadi tetap pelayanan RS berjalan,” bebernya.

“Seperti saya lihat ada kamar operasinya, ada tempat melahirkan, tempat anak-anak dan sebagainya. Masih berjalan baik. Sementara pelayanan kesehatan di Seram memang besar tapi ada posko kesehatan. Tentu ada Puskesmas dan posko, semua bergerak,” demikian Nila. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed