by

Mengabdi Dengan Tulus Saat Pandemik Covid-19

-Pendidikan-200 views

AMBON,MRNews,com.- Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) semester antara T.A 2019/2020 dilaksanakan pertama kalinya oleh Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) di Negeri Passo, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, saat pandemik Covid-19, menuntut pengabdian yang tulus.

Pasalnya status Kota Ambon masuk pada zona merah yang membuat pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kemudian berubah menjadi zona orange ketika kasus orang terkonfirmasi terasa mulai melemah.

Setara dengan kebijakan penerapan PSBB transisi oleh Pemerintah Kota Ambon yang memungkinkan siapa saja bisa terkonfirmasi Covid-19. Dengan begitu, UKIM melalui kegiatan KKN menerapkan tema KKN PPM berbasis produk pengabdian edukasi pencegahan Covid-19. 

“Dengan kondisi masyarakat dan aktivitas yang terasa meningkat menuntut kami melakukan pengabdian dengan tulus, mengedukasi masyarakat agar tetap memperhatikan protap kesehatan dengan rutin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak serta hindari kerumunan” ujar instruktur KKN PPM angkatan XLIX semester antara T.A. 2019/2020 UKIM Ibu T. Marlein Tamtelahitu.S.kom.M.kom kepada Mimbarrakyatnews.com, Selasa (28/7). 

Ditegaskan Tamtelahitu, upaya yang dilakukan sebagai komitmen untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Ambon dengan rutin memberikan sosialisasi kepada masyarakat. 

Bersama dengan kelompok Baguala 20 yakni , Edward J. Turalely, Hendra Lesiela, Enggelina .E.A. Luturmas, Tivani.B.Refwalu, Susana Behuku, Yakobus Wakin dan Margareta.G.Nunumete maka dirancang berbagai tindak nyata yang diterapkan di Negeri Passo yang dimulai dari staf yang bekerja pada kantor Negeri Passo dan kepada masyarakat yang datang ke kantor Pemerintah Negeri Passo.

“Dari pengamatan maka kami berembuk dengan mitra yaitu, Pemerintah Negeri Passo untuk bisa melakukan penerapan pola pelayanan yang bisa memberikan rasa nyaman baik itu kepada staf maupun kepada masyarakat yang datang ” ujar Tamtelahitu.

Dengan berbagai penerapan pelayanan berstandar kesehatan maka diharapkan Negeri Passo bisa menjadi contoh bagaimana menerapkan pelayanan yang baik disaat Pandemik Covid-19.

“Kegiatan KKN PPM menuntut kita untuk bisa mengabdi dengan hati. Kita berharap, masyarakat bisa siap untuk menerapkan pola hidup yang baru demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19” harap Tamtelahitu. ( MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed