by

Menag Lantik Kabiro IAKN Ambon Sekretaris Ditjen Bimas Kristen

-Agama-264 views

AMBON,MRNews.com,- Menteri Agama (Menag) RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi melantik kepala biro (Kabiro) adiministrasi, umum, akademik dan kemahasiswaan IAKN Ambon Drs Urbanus Rahangmetan MPd sebagai sekretaris direktur jenderal (Sesdirjen) Bimas Kristen Kemenag RI.

Akibat pandemi Covid-19, pengukuhan Rahangmetan bersama 21 pejabat tinggi pratama Kemenag harus dilakukan secara virtual, Selasa (15/9). Menag di kantor Kemenag Jakarta, Rahangmetan sendiri di auditorium IAKN Ambon-Halong Atas. Hanya 9 pejabat dilantik yang hadir secara fisik.

Menag Fachrul Razi meyakini, para pejabat yang dilantik akan melaksanakan tugas yang dipercayakan dengan sebaik-baiknya. Selaku ASN, sikap dan kesetian harus tegak lurus pada Pancasila, NKRI, UUD 1945 serta selalu mewaspadai dan bersikap baik, tepat dalam keadaan kebhinekaan tunggal ika.

“Tidak boleh menyimpang sedikit pun dari itu. Kewajiban kita bersama membawa semua jajaran yang dibawah kita untuk bersikap yang sama. Karena saat ini banyak isu macam-macam. Maka sebagai ASN apalagi pejabat tinggi tidak boleh sedikit pun bergeser dari sikap itu,” tegasnya.

Purnawiran TNI itu meminta pejabat Kemenag yang dilantik agar menunjukkan bahwa memang tepat menempati jabatan yang diemban. Dengan cara kenali segera tugas pokoknya dan laksanakan dengan sebaik-baiknya. Kalau itu dilakukan, pasti omongan keraguan akan hilang dengan sendirinya.

“Kepercayaan mendapat jabatan ini karena kami nilai bapak/ibu yang terbaik. Bukan kenal baik dengan Menteri atau Wamen, Plt Sekjen dan lain. Maka tidak ada hutang budi sedikit pun terhadap siapapun tapi bagi lembaga yang harus dibalas dengan melaksanakan tugas secara baik,” pesannya.

Kemenag tambahnya, identik dengan baju putih. Noda sekecil apapun, pasti terlihat jelas. Padahal yang lain kalau noda besar, kurang dianggap. “Jangan biarkan ada noda yang menempel dibaju kita. Kami yakin bapak/ibu mampu menjalankan tugas yang dipercayakan,” ujar Fachrul.

Sementara Urbanus Rahangmetan mengaku, jabatan baru ini memiliki tanggungjawab yang besar, sehingga kedepan harus belajar banyak memahami karakter jajaran Ditjen Bimas Kristen di pusat dan daerah. Berusaha memperbaiki kinerja aparatur dan siapapun yang dilayani.

“Mungkin selama ini ada pekerjaan-pekerjaan yang terhambat, hal-hal yang kurang berkembang atau kurang mendapat perhatian pemerintah khususnya didaerah terutama diwilayah timur Indonesia, kami berharap untuk bisa memperhatikan itu kedepan,” tandas mantan Kakanwil Kemenag Papua Barat.

Rektor IAKN Ambon Dr Agusthina Ch Kakiay, MSi mengakui, Rahangmetan memang memiliki kinerja yang baik. Semua pejabat punya jejak kinerja yang terekam baik didaerah maupun pusat. Sehingga dalam penilaian Kementerian Agama, Rahangmetan layak untuk posisi Sekretaris Dirjen.

“Arah pandangan beliau tentu tidak saja IAKN Ambon. IAKN Ambon hanya satu dari tujuh PT negeri yang terutama dari segi anggaran dan arah pengembangan ada dibawah tanggungjawab beliau. Tapi juga sekolah-sekolah menengah Kristen juga urusan agama, semua tidak mudah,” tutur Kakiay.

Sebagai orang Maluku, sebutnya, patut bersyukur karena Dirjen dan Sekretaris Dirjen mewakili Maluku di Kemenag. Diharapkan keduanya bisa bekerjasama dan berkolaborasi dengan baik, karena khusus Rahangmetan memiliki rekam kinerja teruji baik, disiplin dan berdedikasi tinggi. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed