by

Mayoritas Warga Belum Vaksin Terpapar Covid-19, Satgas: Ayo Tuntaskan Vaksin !

AMBON,MRNews.com,- Juru bicara Satgas Covid-19 kota Ambon Joy Adriaansz menjelaskan, adanya vaksinasi Covid-19 yang digalakkan pemerintah dan stakeholder sangat membantu warga. Dimana mayoritas warga belum vaksin mudah terpapar Covid-19.

Sebab itu diharapkan masyarakat dapat menuntaskan vaksinasi dosis tahap II bagi yang masih sosis I dan bila perlu langsung booster bagi yang sudah vaksin tahap II.

“Hasil evaluasi kita menunjukkan bahwa pasien yang terpapar Covid-19 yang sudah lakukan vaksinasi dan belum itu terjadi perbedaan sangat siginifikan,” beber Joy kepada awak media di Balaikota Ambon, Selasa (22/2).

Artinya kata dia, yang sudah vaksin, mengalami gejala ringan dan sulit terpapar kecuali kalau dia Comorbid dan tidak menjalankan protokol kesehatan (Prokes) dengan baik. Tapi yang belum vaksin, rata-rata dia mengalami gejala yang cukup berat.

“Maka kami tetap sarankan untuk masyarakat kota Ambon agar tuntaskan vaksinasi tahap II. Sebab kita ketahui juga banyak masyarakat yang belum vaksinasi dosis II,” pinta Joy.

Selain ajakan tuntaskan vaksin dosis II, Joy juga mengaku, guna memutus rantai penularan Covid-19 yang mana saat ini Ambon ada di zona orange dengan skoring 2.1, Pemkot telah menjalankan PPKM level III skala mikro dengan intens operasi yustisi penegakan Prokes khususnya masker.

“Yustisi kita dalam dua pekan ini cukup sukses dengan angka konfirmasi positif beberapa hari ini turun signifikan, dan angka kesembuhan naik. Kita harapkan dengan kerjasama dan kesadaran Prokes, bisa buat kita naik ke zona kuning,” jelas Joy.

Dirinya ingatkan, Pandemi Covid-19 belum berakhir dengan datangnya Omicron. Maka masyarakat tidak boleh abai Prokes terutama masker, meski telah vaksinasi tahap II bahkan booster.

“PPKM level III akan berlaku sampai 28 Februari. Nanti diwaktu itu kita akan lihat hasil evaluasi skoring terakhir kita seperti apa untuk level PPKM,” ungkap Kadis Kominfo-Sandi Kota Ambon itu.

Pemkot khususnya Satgas kata dia, berharap lewat PPKM level III dengan beberapa hal yang jadi kebijakan Satgas Covid-19 Kota Ambon, bisa membuahkan hasil maksimal.

Diketahui, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Ambon per 21 Februari 2022 hanya sisa 1507. Ini terjadi seiring 153 orang sembuh sehingga total 9847 orang telah sembuh. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed