by

Masyarakat Diminta Tidak Panik Hadapi Wabah Virus Corona

-Parlemen-148 views

AMBON,MRNews.com.- Komisi IV DPRD Maluku bersama dengan mitra terkait membahas masalah wabah infeksi virus corona (SARS-CoV-2/COVID-19 di ruang rapat komisi IV DPRD Maluku yang dipimpin ketua komisi, Samson Atapary. Karena itu, masyarakat Maluku diminta tidak panik dan tetap menjaga pola hidup sehat dengan tidak memborong masker maupun antiseptic secara berlebihan.
Anggota komisi IV DPRD Maluku, dr Elviana Pattiasina mengatakan jika kepanikan masyarakat bisa saja karena faktor ketidaktahuan karena itu mesti ada sosialisasi secara terus menerus terkait virus corona dan penggunaan masker yang benar.

“Perlu juga disosialisasikan bahwa yang menggunakan masker menandakan bahwa dirinya sementara sakit bukan dalam kondisi sehat. Sebab itu, tubuh yang sehat tidak diperbolehkan menggunakan masker karena dapat menyebabkan sakit sebab co2 yang dikeluarkan tubuh sebagai zat beracun kembali dihirup karena terhalang masker dan bisa merusak paru-paru” ujar Pattiasina.

Atapary juga menambahkan koordinasi lintas sektor perlu dilakukan agar ada tindakan-tindakan pencegahan yang dilakukan terutama pada pintu masuk bandara maupun pelabuhan, sehingga pendektisian secara dini bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi Maluku, dr Meikyel Pontoh mengatakan jika berbagai sosialisasi telah dilakukan mulai dari Puskesmas hingga rumah sakit termasuk pemantauan pasien yang melakukan pengobatan.

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan memberlakukan pola hidup sehat dengan selalu mencuci tangan sesudah beraktifitas dan mendatangi Puskesmas jika merasakan gejala sakit . (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed