Master Plan Ambon Smart City Mulai Disusun

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon mulai menyusun master plan smart city (kota pintar), dimana ada empat (4) tahap yang akan dilakukan pada bulan Juli ini hingga Oktober mendatang. Karenanya, tahap pertama adalah melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) gerakan menuju 100 smart city Kota Ambon tahun 2019 di bulan Juli untuk menghasilkan buku I master plan smart city Kota Ambon sesuai framework Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis (11/7/19) di Hotel Manise.

Sekretaris Kota Ambon, A.G.Latuheru menyatakan, sesuai isi nota kesepahaman Dirjen Aplikasi Kemenkominfo dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon gerakan menuju 100 smart city, bahwa Bimtek dilaksanakan dalam empat tahapan dengan periode Juli hingga Oktober, yang hasil akhirnya dari keempat tahapan itu adalah menghasilkan dokumen master plan smart city Kota Ambon berupa buku I, II dan III. 

Selanjutnya dokumen master plan yang tersusun nantinya akan dijadikan sebagai pedoman penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis kota cerdas dalam kurun waktu yang ditentukan. 

Upaya mewujudkan Ambon smart city kata Latuheru, tidak hanya menjadi tupoksi Dinas Kominfo saja karena berbicara smart city berarti berbicara berbagai dimensi yang tertuang dalam enam (6) aspek yaitu smart governance, smart branding, smart economy, smart society, smart living dan smart environment. Dimana keenam aspek ini implementasinya ada pada OPD-OPD yang dicerminkan lewat program kegiatan serta kontribusi aktif dari para stakeholder. 

“Tujuan Bimtek tahap pertama yakni terselenggaranya Bimtek dan diskusi kelompok dalam rangka menghasilkan buku I master plan smart city Kota Ambon sesuai dengan framework kementerian komunikasi dan informatika. Tahap kedua yaitu pertukaran data dan legal software antar organisasi perangkat daerah (OPD), tahap ketiga adalah sosialisasi dan FGD gerakan menuju 100 smart city dan tahap keempat yakni integrasi data antar OPD. Saya percaya, masuknya Kota Ambo dalam 100 smart city ditindaklanjuti dengan Bimtek penyusunan master plan bisa memotivasi dan membawa Ambon menjadi kota cerdas, inovatif dan layak dikunjungi,” tegas Sekkot.

Sementara itu, narasumber pada Bimtek tersebut adalah Windy Gambetta, pakar smart city atau akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Hafni Septiana Nur Endah dan Dwi Elfrida Simanungkalit dari Kementerian Kominfo. Peserta berjumlah 300 orang dari anggota dewan smart city, tim pelaksana gerakan menuju 100 smart city kota Ambon, pimpinan dan anggota DPRD Kota Ambon, Kepala Diskominfo Provinsi Maluku, Lurah, Kepala Desa dan Raja serta stakeholder lainnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *