by

Marciano Minta Ketum KONI Maluku Terpilih Perbaiki Dua Masalah Krusial Ini

AMBON,MRNews.com,- Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman meminta Ketua Umum KONI Maluku yang akan terpilih periode 2022-2026 dalam Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) XI KONI Maluku agar kedepan dapat memperbaiki dua masalah krusial ini di jajaran KONI.

Dua masalah itu ialah memperbaiki tata kelola organisasi KONI dilevel provinsi hingga Kabupaten/Kota serta memperbaiki tata pengelolaan keuangan. Sebab gagalnya manajemen kedua hal itu, bisa berdampak pada berbagai hal, baik pembinaan Cabor maupun atlit.

“Saya harap KONI Maluku dibawah nahkoda baru kedepan prioritaskan perbaiki tata kelola organisasi dan banyak sekali KONI provinsi dan Kabupaten/Kota yang bermasalah dengan akuntabilitas keuangan,” pinta Norman saat membuka Musorprov XI KONI Maluku di Lantai VII kantor Gubernur Maluku, Selasa (1/3/22).

Penegasan atas prioritas pada kedua hal itu kedepan kata dia, sangat penting. Sebab organisasi olahraga harus menjadi contoh dalam pengelolaan anggaran yang diterima dari Pemerintah Daerah setempat, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Sebab dirinya yakin, dengan tata kelola yang baik maka semua hal yang jadi harapan bersama untuk memajukan olahraga di Indonesia akan berjalan lebih baik.

Mantan Kepala BIN itu pun berharap, kedepan juga Maluku tidak saja menjadi pusat pembinaan olahraga prestasi di Indonesia Timur tetapi juga dapat melahirkan atlit-atlit berkelas dunia dan menjadi destinasi wisata olahraga di Indonesia.

“Pengelolaan tempat olahraga harus dilakukan sedemikian baik. Agar orang bisa datang ke Maluku untuk olahraga air misalnya. Disisi lain, fokus peningkatan pada olahraga unggulan di Maluku juga dapat meningkat prestasinya,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail menegaskan, bila upaya peningkatan prestasi olahraga tidaklah dapat dilakukan melalui cara instan.

Maka seluruh pengurus Induk Cabang Olahraga dan pengurus KONI lebih inovatif mencari sumber pendanaan secara legal, baik melibatkan stakeholder maupun masyarakat Maluku.

“Saya pastikan, pemerintah daerah akan mendukung seluruh langkah dan upaya ke arah tersebut,” tegasnya yang digadang-gadang sebagai suksesor Ketum KONI Maluku kedepan.

Dirinya berharap, momen Musorprov ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam melakukan langkah konstruktif guna meningkatkan prestasi dan melahirkan atlet, pelatih dan wasit yang berkualitas nasional maupun internasional.

“Salah satu agenda Musorprov yaitu pemilihan pengurus baru periode 2022-2026. Siapapun yang terpilih sebagai nakhoda KONI Maluku, adalah yang punya komitmen, kompetensi, kapabilitas serta dapat bersinergi dengan semua pemangku kepentingan. Termasuk pemerintah pusat dan daerah guna meningkatkan prestasi olahraga di Maluku,” terang Murad.

Diketahui, pembukaan Musorprov XI KONI Maluku turut dihadiri Wakil Ketua Umum Bidang II KONI Pusat Bidang Organisasi Litbang dan Hukum Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, Wakil Ketua Bidang Media dan Humas KONI Pusat Tirto Prima Putra, Ketum KONI Maluku Tonny D. Pariella, sejumlah Bupati/Walikota dan Forkopimda Maluku. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed