by

Marak Hoax Covid-19, Netizen Diminta Bijak Bermedsos

-Kota Ambon-401 views

AMBON,MRNews.com,- Maraknya hoax yang muncul didunia maya (media sosial) terkait pandemi Covid-19 ditanggapi Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

Louhenapessy pun mengajak masyarakat atau netizen di kota Ambon agar menggunakan media sosial (medsos) secara benar, positif dan konstruktif. Bukan dipakai untuk menyebarkan informasi tidak benar alias hoax tanpa dikonfirmasi lebih dahulu ke pihak berwenang.

“Medsos ini bisa berdampak penciptaan disintegrasi, juga jadi sumber konflik. Karena itu saya betul-betul mengajak masyarakat mari gunakan medsos secara baik dan positif. Konfirmasi setiap informasi yang didapat ke Pemkot atau Gugus Tugas di Posko lantai II kantor dinas PUPR,” ajak Walikota kepada awak media akhir pekan kemarin di Ambon.

Ajakan ini, diakui Louhenapessy, salah satunya beranjak dari adanya warga Waihaong yang merasa tersinggung atas berita-berita yang beredar seakan-akan di Waihaong sudah banyak sekali orang terpapar Covid-19.

“Padahal tidak, ini akibat dari medsos menyampaikan hal yang betul-betul juga tidak akurat. Sebab tracing yang dilaksanakan dinas kesehatan kota Ambon, hanya untuk tiga RT. Jadi bukan Waihaong secara keseluruhan,” jelasnya.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang juga mengajak netizen bijak ber-medsos. Sebab dampak negatif medsos bisa membawa kepada hal-hal yang berakibat hukum.

Juga dalam situasi pandemi ini, lanjut Kasrul, diharapkan sangat untuk menghargai, menghormati keluarga yang anggotanya terdampak Covid-19.

“Kita harus saling menguatkan. Tidak menyebar isu yang belum tentu benar. Kalau dapat info, mohon jangan dishare. Tunggu dari kita informasikan kepada basudara semua lewat media masa (cetak, elektronik, TV) setiap jam 3 sore. Informasinya satu pintu,” ungkapnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed