Maluku Raih Opini WDP, BPK Beri Catatan Kritis

AMBON,MRNews,com.- Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, Perwakilan Provinsi Maluku memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan Pemerintah Provinsi Maluku tahun 2018 yang sudah menerapkan laporan keuangan berbasis Akural .
Hasil pemeriksaan disampaikan Staf ahli bidang lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, DR.Edward Ganda Hasiholan Simanjuntak, S.E, M.Sc dalam rapat paripurna Istimewa DPRD Maluku yang dipimpin Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae, dengan menyimpulkan bahwa, opini atas laporan keuangan pemerintah daerah Provinsi Maluku tahun 2018 yakni, Wajar Dengan Pengecualian (WDP).
Ditegaskan Simanjuntak, dalam pemeriksaan ditemukan beberapa permasalahan yang perlu mendapat perhatian pemerintah daerah yakni, pengelolaan dan penatausahaan asset tetap yang belum sesuai dengan ketentuan sehingga penyajian dalam neraca per 31 Desember 2018 tidak memadai. Pengelolaan dan penatausahaan utang beban dan utang jangka pendek lainnya belum sesuai dengan ketentuan sehingga penyajian neraca per 31 Desember 2018 tidak memadai. Pengelolaan belanja hibah pada pemerintah Provinsi Maluku kurang memadai.
“BPK merekomendasikan kepada Gubernur Maluku agar melalui sekretaris daerah agar menginstrusikan kepala bidang pengelola asset daerah dan kepala OPD untuk melakukan penelusuran atas asset tetap yang belum dilakukan peralihan pencatatan . Memerintahkan Inspektur untuk melakukan pemeriksaan atas paket-paket yang terkena rasionalisasi dan hasilnya ditetapkan dengan keputusan gubernur. Menginstrusikan kepala BPKAD supaya memerintahkan bendahara bantuan tahun 2018 untuk meminta penerima hibah mempertanggungjawabkan penggunaan hibah” urai Simanjuntak di ruang Paripurna DPRD Maluku, Senin(27/5).
Pemberian opini WDP oleh BPK kepada pemerintah Provinsi Maluku, turun, jika dibandingkan dengan tahun 2017 yang meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Karena itu, menurut Simanjuntak BPK memberi kesempatan waktu 60 hari untuk pemerintah Provinsi Maluku menindaklanjuti hasil temuan BPK . (MR-01)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *