Maluku Kirim 15 Atlet Ikut Kejurnas Catur

AMBON,MRNews.com,- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Maluku mengirim 15 orang atletnya untuk mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) ke-48 tahun 2019 yang akan digelar di Kota Ambon, Maluku pada 25-31 Oktober 2019. Mereka dikirim sesuai seleksi dari Kejuaraan Daerah (Kejurda) dan beberapa pertandingan-pertandingan lain sesuai prestasi yang diraih.

Seluruh atlet diproyeksikan mengikuti semua nomor atau kelompok yang dipertandingkan kecuali dua kelompok junior. Salah satu atlet asal Maluku, Onyong yang juga menjadi master nasional turut ambil bagian membawa nama Maluku bersaing dengan jagoan-jagoan dari 33 provinsi lainnya di Indonesia.

“Atlet catur dari Maluku itu 15 orang yang ikut Kejurnas. Memang dibandingkan dengan provinsi lain secara kualitas, Maluku masih belum terlalu baik. Maka kita dorong peningkatan kualitas, salah satunya tiap malam atlet Maluku di sekretariat belajar, latih terus supaya mudah-mudahan bisa menang nanti. Minimal bisa memperbaiki ranking,” tandas ketua Pengprov Percasi Maluku Edwin Adrian Huwae kepada awak media saat press confrence di Pacific Hotel, Kamis (24/10/19).

Huwae katakan, pihaknya tidak menargetkan juara umum sebab berkaca dari kualitas atlet, Maluku masih harus terus belajar. Namun targetnya bisa memenangi beberapa kelompok dan minimal bisa memperbaiki ranking. Meski begitu, Maluku patut berbangga karena sudah punya master nasional atas nama Onyong. Yang selain mengikuti Kejurnas ini, dalam jangka pendek Pengprov Percasi Maluku akan mendorong agar Onyong bisa meningkatkan poin untuk mendapatkan master internasional.

“Semoga kedepan kita bisa lahirkan lagi master nasional yang lain selain Onyong. Onyong ini dalam jangka pendek kita akan mendorong agar bisa meningkatkan poin untuk bisa mendapatkan master internasional, mudah-mudahan. Target jangka pendek kita adalah meloloskan pecatur kita di PON Papua yang nanti akan ikut seleksi pada pra PON NTB tanggal 5 November mendatang,” beber mantan ketua DPRD Maluku itu.

Tentang kesiapan melaksanakan Kejurnas ke-48 dan Rakernas ke-41 Percasi di Ambon, politisi PDI Perjuangan ini mengaku sudah 95 persen, 5 persen sisanya untuk pertandingan. Diperkirakan 500-600 orang baik atlet, official akan hadiri pembukaan dan Kejurnas yang mempertandingkan 17 kelompok kategori selama lima hari kedepan. Ketua umum PB Percasi GM Utut Adianto nantinya akan membuka event tersebut bersama Gubenur Maluku Murad Ismail di Islamic Center, Waihaong, Kota Ambon.

“Konfirmasi terakhir peserta yang akan ikuti hampir dari seluruh Indonesia misalnya Aceh 24 orang, DKI, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Maluku Utara. Papua Barat sendiri peserta sudah datang semua. Target kita menghandle 500 peserta, nanti 300-400 orang datang, kita lebih senang. Harapannya seluruh persiapan dan pertandingan nanti bisa jalan baik dan lancar yang dimulai 26 Oktober untuk babak pertama dan kedua untuk senior terbuka dilaksanakan di Asrama Haji Waiheru. Bersamaan juga Rakernas di Hotel Pacific. Nanti tanggal 27 lanjut pertandingan di Islamic Center sampai selesai pada 30-31 Oktober,” paparnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *