by

Maluku Kantongi 8000 Alat Rapid Test

-Maluku-512 views

AMBON,MRNews.com,- Provinsi Maluku lewat gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 saat ini sudah mengantongi total 8000 alat rapid test (tes cepat) Corona yang dikirimkan dari pemerintah pusat lewat di Jakarta.

Penanggungjawab gugus tugas Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang katakan, 6000 alat rapid test baru tiba siang tadi dan diterima. 2000 sebelumnya sedari akhir pekan lalu sudah ada dengan alat pelindung diri (APD) yang dikirim dari gugus tugas Covid-19 nasional. Sehingga total 8000 alat rapid test sudah dimiliki saat ini.

“Nantinya alat rapid test itu segera akan disalurkan secara merata ke 11 kabupaten/kota dan langsung diberikan ke rumah sakit yang rawat pasien Covid-19 untuk ditindaklanjuti,” jelas Kasrul di posko gugus tugas lantai VI kantor Gubernur Maluku, Selasa (31/3).

Akan tetapi kata Sekda Maluku itu, alat rapid test tersebut tidak untuk tes Corona massal bagi masyarakat. Seperti daerah lainnya. Karena hanya 8000 dan harus disebar, tidak mencukupi untuk menjangkau 1,8 juta penduduk Maluku.

Sebab menurutnya, akan lebih diprioritaskan untuk melakukan tes kepada tenaga medis dan keluarganya sebagai orang yang rentan tertular Covid-19 karena bersentuhan erat dengan pasien. Sehingga hasilnya bisa lebih cepat diketahui dan segera dilakukan langkah penanganan.

“Kita prioritas rapid test itu untuk tenaga medis baik dokter maupun perawat beserta keluarganya. Kita juga berdoa semoga semua tenaga medis yang berada digarda terdepan penanganan pasien Covid-19,” tukasnya.

Tentang update Covid-19 di Maluku hari ini, lanjut Kasrul, total ODP 124 orang, PDP 7 orang dan 1 kasus terkonfirmasi Covid-19. Adanya tambahan 1 PDP berasal dari Kota Tual, sisanya dari Kota Ambon 3 PDP, Kepulauan Aru 2 dan Malteng 1 PDP. Sedangkan ODP tersebar disemua kabupaten/kota. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed