by

Malra & MBD Raih Penghargaan di Ajang API 2019

AMBON,MRNews,com.- Dua Kabupaten di provinsi Maluku masing-masing Maluku Tenggara (Malra) menyabet gelar juara dua melalui ‘Atraksi Dayung Belang’ untuk kategori ‘Atraksi Budaya Terpopuler’ dan Maluku Barat Daya (MBD) dengan destinasi wisata Gunung Kerbau, yang ditetapkan sebagai juara ketiga untuk kategori “Dataran Tinggi Terpopuler” pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bekerjasama dengan PT. Ayo Jalan Jalan, menetapkan dua kabupaten itu sebagai pemenang pada dua kategori bersama sejumlah Kabupaten/Kota serta provinsi lainnya di ajang API 2019 yang terlaksana di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019) malam.

Ketua Pelaksana API Muhammad Syafaat  saat pemugumunan pemenang menegaskan, penentu pemenang berbeda dari sebelumnya.
Acara tahunan yang sudah memasuki tahun keempat ini tak lagi cuma menggunakan dua saluran voting (SMS dan Aplikasi Android). Ada tambahan satu channel vote lagi. “Chanel vote yang digunakan api 2019 ini lewat Youtube, lewat sms voting, lewat aplikasi android,” katanya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Erawan Asikin dalam rilisnya Sabtu (23/11/2019) menjelaskan, pelaksanaan API 2019 ini berlangsung selama tujuh bulan. Mulai dari Mei hingga November 2019. Rangkaian kegiatan dimulai dari pendaftaran, seleksi nominasi, pembukaan vote promosi dan kampanye pariwisata Indonesia, road show serta sosialisasi, kemudian ditutup dengan pemberian penghargaan pariwisata terpopuler (API) 2019.

“Terdapat 18 kategori diberikan di dalam penghargaan API 2019 ini. Dan ajang ini juga menjadi salah satu upaya pemerintah pusat melalui Kemenparekraf untuk memperkenalkan wisata di daerah menjadi dikenal publik,” ujar Erawan.

Atas prestasi ini, Erawan menyampaikan terima kasih, khususnya kepada Pemerintah Kabupaten Malra dan MBD, beserta kabupaten lainnya di Maluku yang telah berupaya membantu dalam pengusulan materi lomba pada ajang API 2019. Juga bagi semua pengguna sosial media dan perangkat digital lainnya, terutama generasi muda dari berbagai lapisan masyarakat. Terutama warga Maluku dan di luar Maluku yang telah memvote berbagai kategori usulan Maluku dalam ajang API 2019.

“Upaya kita bersama ini, tentunya akan sangat membantu mempopulerkan dunia pariwisata di Provinsi Maluku baik di dalam maupun luar negeri,” ungkap Erawan.

Erawan optimis, kedepan pihaknya akan mengeksplore sejumlah potensi wisata lainnya yang ada di Maluku, untuk bisa dipromosikan melalui ajang-ajang yang di gelar seperti ini. Dinas Pariwisata Provinsi Maluku akan terus bekerjasama dan berupaya dengan Dinas Pariwisata kabupaten/kota dengan mengusung berbagai potensi yang dimiliki oleh Maluku.

“Kami yakin masih banyak potensi objek wisata, keragaman budaya, makanan, minuman serta kegiatan pariwisata kita di Maluku yang sangat mungkin dapat menjadi terpopuler dalam ajang-ajang seperti ini,” kata Erawan. (**)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed