by

Malam Takbiran di Maluku Aman Terkendali, Kapolda: Semoga Sholat Ied Juga

AMBON,MRNews.com,- Gelaran malam takbiran menyambut hari raya Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah di Kota Ambon khususnya dan Provinsi Maluku pada umumnya berjalan aman dan lancar.

Hal itu berdasarkan laporan dan hasil pantauan Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif bersama Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon di Mapolsek Sirimau, Minggu (1/5) hingga Senin (2/5) dini hari.

“Saya bersama Pangdam dan seluruh pejabat terkait, kita memonitor rangkaian kegiatan malam takbiran. Kita juga dibantu oleh instansi terkait selain TNI untuk amankan malam takbiran,” kata Kapolda.

Hingga berakhirnya monitoring, akui Lotharia, kegiatan berjalan aman dan terkendali walau memang ada beberapa rangkaian masyarakat yang melaksanakan takbir keliling tapi itu bisa dikendalikan dengan baik.

Bahkan menurutnya, ada petugas yang juga mendampingi, melakukan pengawalan dalam kegiatan tersebut.

“Saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang juga bisa tertib di dalam takbir keliling. Saya berharap besok (hari ini-red) dalam kegiatan salat ied juga demikian (aman dan lancar),” harap Jenderal Bintang Dua itu.

Tentu dengan tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) selama sholat sehingga shalat ini berjalan dengan khusyuk.

“Dengan begitu, kita bisa menunjukkan bahwa Maluku semakin aman dan damai,” tandasnya.

Mengenai ada tidaknya kejadian menonjol selama malam takbiran kata Lotharia, hasil pantauan hingga pukul 01.30 WIT, kejadian menonjol seperti kecelakaan lalu lintas atau perkelahian antar kelompok dan sebagainya, sesuai laporan yang masuk tidak ada.

“Kalau ada pasti kita juga mendapat informasi dan mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik buat kita,” tukasnya.

Harapan dan tujuan Polda Maluku memang tambahnya, pelaksanaan Idul Fitri tahun 2022 di Maluku berjalan aman, lancar dan kondusif.

“Itu memang tujuan kita. 2 tahun lalu yah tidak bisa dilaksanakan kegiatan seperti takbir keliling dan sebagainya karena Covid-19. Tapi tahun ini masyarakat sudah hampir sebagian besar tervaksin dan kegiatan takbir keliling ini bisa dilaksanakan dibeberapa lingkungan tapi kita tetap lakukan pengamanan kegiatan masyarakat lain,” urainya.

“Kita lakukan penyekatan, pengalihan arus semata-mata supaya kegiatan itu juga jalan aman, tertib dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat. Mungkin juga ada yang terganggu. Kami minta untuk bisa dipahami dalam situasional seperti ini. Tapi pada umumnya kegiatan dapat berjalan aman dan lancar,” sambungnya.

Untuk malam takbiran di daerah lain selain Kota Ambon, berdasarkan laporan beberapa Polres tambah Kapolda, juga masih aman terkendali. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed