by

Maksimalkan & Perkuat Terus Sinergi Pentahelix

-Kota Ambon-135 views

AMBON,MRNews.com,- Dalam upaya percepatan penanganan pandemi COVID-19, sinergitas diantara lima titik sentral yakni pemerintah, swasta, akademisi, media massa dan masyarakat harus dimaksimalkan dan diperkuat dalam fungsinya masing-masing.

Pasalnya, kota Ambon saat ini sudah kembali turun ke zona merah setelah sebelumnya sempat berada di zona orange. Keinginan untuk ke orange lagi tentu jadi tujuan. Namun tanpa komunikasi dan sinergi ditengah penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang telah masuki masa transisi tahap II akan sia-sia.

“Inti dari pelaksanaan PSBB atau upaya pencegahan dan mengatasi Covid-19 hanya melalui komunikasi dan sinergi pentahelix,” ungkap Sekretaris Kota (Sekkot) A.G Latuheru dalam keterangan persnya di Balaikota, Jumat (7/8).

Bagi Latuheru komunikasi dan sinergi pentahelix amat penting. Sebab ketika pemerintah sudah bekerja maksimal dan serius, tapi juga swasta harus mendukung dengan caranya. Kemudian akademisi pun ada untuk memberi bobotan pikiran dan masukan secara akademik.

Selanjutnya, media massa yang dalam tugasnya harus mendukung dengan memberi informasi baik dan benar ke publik agar ada energi positif dan optimisme. Tetapi yang terakhir dan jadi episentrum dalam pentahelix tentu ada pada masyarakat, sebagai pihak yang punya peran sangat strategis.

“Yang membuat kita turun zona ada beberapa faktor salah satu diantaranya memang disiplin masyarakat untuk pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan, yang jadi ukuran, sama sekali diabaikan atau kurang mendapat perhatian. Padahal ini kunci kita memutus rantai penyebaran COVID-19,” tandasnya.

Memang tambahnya, selama PSBB tahap I dan II hingga masa transisi jilid I, pemerintah meski masih ada pembatasan tetapi telah banyak memberi kemudahan dan kelonggaran agar sektor ekonomi bisa kembali normal tapi ternyata tidak mampu melaksanakan berbagai protokol kesehatan sehingga kembali ke zona merah dengan rasio skors 1,7. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed