by

Majukan Aru, Pemda Mesti Naikan Anggaran Program

-Parlemen-321 views

AMBON,MRNews,com.- Ketua Komisi II DPRD Maluku, Saudah Tethool meminta Pemerintah Provinsi Maluku bisa fokus ke Kabupaten Aru dengan menaikan anggaran program . Pasalnya anggaran yang dikucurkan masuk ke Kabupaten Aru dinilai terlalu sedikit sehingga belum bisa berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat terutama untuk mengurangi angka kemiskinan di Maluku sesuai fisi dan misi Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno .
Tethool menandaskan dari hasil pengawasan terutama di bidang Perikanan dan Pertanian sebagai sektor unggulan yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) anggaran program yang dikucurkan masih jauh dari kebutuhan masyarakat .

” Dari hasil pengawasan yang Komisi II lakukan di Kabupaten Aru ternyata kucuran anggaran program masih sedikit sehingga belum berdampak pada kenaikan pendapatan masyarakat. Ambil misal, kendala yang ditemui petani cukup banyak terutama dalam penyaluran pupuk untuk bercocok tanam dan irigasi pertanian. Karena itu, mesti menjadi fokus pemerintah daerah sehingga pendapatan petani bisa meningkat” ujar Tethool kepada Mimbarrakyatnews di Aru, Sabtu (8/2).
Hal yang sama juga terlihat pada sektor Perikanan yang mesti menjadi sektor primadona di Kabupaten Aru. Ironisnya, belum tersedianya jalan yang memadai menuju pelabuhan perikanan pantai yang berada di Blakang Wamar menjadi hambatan mengingat kondisi jalan yang masih tanah dan belum beraspal membuat akses masuk terhambat jika turun hujan karena jalan berlumpur .

Tethool berharap ada perhatian lebih yang diberikan pemerintah daerah ke kabupaten Aru sehingga masalah-masalah masyarakat dapat teratasi.

” Dari apa yang kami lihat di lapangan bantuan pemerintah daerah kepada masyarakat terlalu kecil jika dikaitkan dengan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat . Sehingga mesti ada perhatian yang lebih besar jika ingin mengurangi angka kemiskinan di Maluku. Pemerintah mesti serius memperhatian sektor-sektor unggulan yang dapat menaikan PAD”ujar Tethool. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed