Mahasiswa Papua-Paguyuban Batak Ramaikan Amboina Music Carnival

AMBON,MRNews.com,- Mahasiswa dan Pemuda Papua yang berdomisili di kota Ambon turut meramaikan Amboina Music Carnival tahun 2019 dengan tarian khasnya Yospan. Tak hanya Papua, Paguyuban Batak Maluku, Paguyuban Jawa Tengah (Jateng), Forum Masyarakat Sunda Ngumbara Maluku dan Perhimpunan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan juga tak ketinggalan berpartisipasi dalam event yang menyambut HUT ke-444 kota Ambon bernuansa musik dengan tema Ambon Pono Deng Music.

“Papua dan Maluku sudah seperti saudara. Apalagi kita yang tinggal lama, bersekolah dan berkuliah sudah merasa bahwa Ambon khususnya bagian dari kita anak-anak Papua. Ini bentuk dukungan dan partisipasi kita yang merasa telah jadi bagian dari kota Ambon kepada pemerintah dalam menyambut HUT kota sekaligus mendukung Ambon sebagai kota musik dunia,” tukas salah satu mahasiswa Papua Albert disela-sela karnaval, Jumat (6/9/19).

Sementara, Walikota Ambon Richard Louhenapessy katakan, Amboina Music Carnival yang bernuansa musik ini sebagai bagian Ambon mempersiapkan diri menjadi kota musik dunia versi UNESCO. Dimana persyaratan sudah disiapkan dan diharapkan dalam tahun ini jika diijinkan akan menjadi kota musik dunia. Dalam kaitan itu, seluruh aktifitas dan kegiatan kota dengan tema musik termasuk karnavalnya juga musik.

“Puncak HUT kota besok juga pono deng musik. Sebab musik akan menjadi identitas kota ini dan potensi ekonomi kreatif bagi masyarakat kota ini. Karena itu, terima kasih bagi masyarakat, stakeholder yang berpartisipasi. Dalam hal ini ada basudara mahasiswa dan pemuda Papua hadir sebagai bagian semangat harmonisasi sosial tolerasi yang ditunjukkan. Juga dari provonsi lain Batak, Sunda, Makassar. Semua partisispasi maksimal,” beber Walikota.

Selain sejumlah komunitas atau paguyuban diatas, puluhan peserta yang terlibat yakni semua organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah kota (Pemkot) Ambon, Kelurahan dan Desa/Negeri se-kota Ambon, Bank Maluku-Malut, BNI 46 Cabang Ambon, Dikbud Maluku, KRI Diponegoro 365 Lantamal IX Ambon, PT Pos Ambon sekaligus launching perangko city of music. 

Kemudian, Den Zipur 5/CMG, Grab Indonesia Ambon, 733 Masariku, Denkav 5/BLC, Swissbell Hotel, Marching Band Smaver, Jasa Raharja Cabang Maluku, Gojek Ambon, Bank Mandiri, SD Negeri 2 Ambon, Telkomsel, BPR Modern Express, Seroja Agency Modeling, SMP Negeri 4 Ambon, Galunggung People, Cn9 Band, Negeri Kulur Kecamatan Saparua (dengan tarian Hadrat).

Adapun rute Amboina Music Carnival yaitu depan Gong Perdamaian Dunia, jalan Slamet Riyadi, jalan Pattimura, jalan Yan Paais, jalan Ahmad Yani, jalan Diponegoro, kawasan Trikora, jalan Dr Soetomo, jalan dr Latumeten, Batu Gantung, Waringin-Talake, Waihaong dan finisih di jalan AY.Patty. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *