by

Mahasiswa IAKN Ambon & Unpatti, Terpilih Dubas Maluku 2020

-Maluku-690 views

AMBON,MRNews.com,- Brayen Patty, mahasiswa semester 2 program studi Teologi fakultas ilmu sosial keagamaan IAKN Ambon dan Safila Uyara, mahasiswa semester 11 program studi pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pattimura (Unpatti) terpilih sebagai duta bahasa (Dubas) Maluku tahun 2020.

Brayen dan Safila sukses mengungguli 28 finalis Dubas pada pemilihan Dubas Maluku 2020 di Swissbell-hotel Ambon, Jumat (21/8). Keduanya pun menggondol uang pembinaan masing-masing senilai 4 juta, voucher dan trophy serta akan mewakili Maluku pada pemilihan Dubas tingkat nasional.

Terpilihnya Brayen dan Safila tidak terlepas dari kemampuan keduanya dalam menjawab pertanyaan secara lugas dan tepat dari tiga dewan juri yakni Ketua Dekranasda/Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, Kepala Kantor Bahasa Maluku Asrif dan Akademisi FKIP Unpatti Mariana Lewier.

Brayen dan Safila pun kompak merasa bangga dan terharu bisa menjadi Dubas Maluku 2020. “Pasca ini ada tanggungjawab besar, bagaimana cara menjaga bahasa daerah, membudayakan bahasa Indonesia dan menyeimbangkan bahasa asing diera milenial sekarang agar penggunaan bahasa Indonesia dapat dipakai sesuai konteksnya,” tutur keduanya.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon A.G Latuheru yang hadir pada acara tersebut mengaku, pemerintah kota (Pemkot) memberikan dukungan dan apresiasi kepada kantor Bahasa Maluku karena setiap tahun bisa menyelenggarakan pemilihan Dubas yang sudah memasuki tahun ke-8 walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Kualitas peserta seluruhnya sudah baik. Tinggal dipoles lagi oleh kantor Bahasa supaya kedepan bisa mengikuti/bersaing ditingkat nasional khususnya pada dua duta baik putera maupun puteri agar bisa membanggakan Maluku. Tiga tim juri luar biasa karena memberi penilaian sesuai kualitas,” tandasnya.

Sementara Widya Pratiwi Murad mengaku, hasil pemilihan Dubas ini sesuai kualitas yang ditunjukkan peserta. Karenanya bagi dua Dubas Maluku yang terpilih dapat mempersiapkan diri dan berlatih lebih baik lagi dalam berbagai aspek sehingga bisa menampilkan yang terbaik pada level nasional.

Diketahui, untuk juara 2 Charly Matahelemual dan juara 3 Utomo Nurshekah kategori putera. Sedangkan kategori puteri juara 2 Lifia Saputri dan juara 3 Britshy Huka. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed