Longsor di Wailela, Sempat Hambat Akses Transportasi

AMBON,MRNews.com,- Hujan dua hari ini terus mengguyur kota Ambon. Akibatnya terjadi longsoran di kawasan Wailela, Dusun Taeno, Desa Rumahtiga, Kecamatan Teluk Ambon, Kamis (6/6/19) pagi yang menimpa rumah milik Wolter Da Costa (46) hingga mengalami rusak berat. Bahkan longsoran itu pun sempat merembet hingga ke jalan raya dan sempat menghambat akses transportasi.

“Akses jalan dari dan ke dusun Taeno sempat ditutup sementara pasca longsor, tapi sudah dibuka usai dilakukan pembersihan dengan alat exavator dan dua unit mobil bantuan dari dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan kota Ambon untuk membersihkan lumpur yang tersisa di jalan raya,” ujar Plh Kapolsek Teluk Ambon, Ipda Julkisno Kaisupy kepada awak media via WhatsApp, Kamis (6/6/19).

Selain rumah yang rusak berat, sebut Julkisno, Robert Da Costa (15), anak dari Wolter Da Costa mengalami luka dan telah dievakuasi ke RS Bhayangkara, Tantui untuk mendapatkan perawatan intensif. Sementara keluarganya mengungsi ke kediaman Raja Rumahtiga yang juga masih ada hubungan kekerabatan. Total penghuni rumah atau korban longsor ada 2 kepala keluarga dengan 11 jiwa.

“Awal setelah menerima laporan masyarakat, saya dan personil Polsek serta personil PRC Polres Ambon langsung mengamankan TKP, guna berkoordinasi dengan pihak PLN untuk memutus aliran listrik ke rumah korban. Selanjutnya berkoordinasi dengan warga sekitar untuk bersama bersihkan lokasi longsor, namun tumpukan longsor terlalu banyak menutupi badan jalan sehingga kita memakai alat exavator. Kita juga dibantu dua unit mobil Damkar dan penyelamatan Pemkot Ambon,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Eva Tuhumury saat dihubungi mengatakan, BPBD sudah melakukan tanggap darurat terhadap korban longsor di Wailela dan beberapa lokasi lainnya. “Kalau untuk longsor di Wailela, sudah diberi bantuan makanan oleh dinas sosial kota Ambon sedangkan logistik dari BPBD berupa matras, kasur, selimut dan lainnya,” bebernya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *