by

Lomba Cerdas Cermat, Ikut Dorong Gerakan Pelajar Menabung

AMBON,MRNews.com,- Lomba cerdas cermat tingkat SMP/MTs se-kota Ambon yang dilakukan kantor otoritas jasa keuangan (OJK) provinsi Maluku, perbankan pelaksana program simpanan pelajar (SIMPEL) di Maluku dan pemerintah kota (Pemkot) Ambon yang telah memasuki babak final ikut mendorong gerakan pelajar kota Ambon menabung.

Kepala OJK Maluku Bambang Hermanto katakan, lomba ini dinilai sangat bermanfaat karena dapat memfasilitasi proses pembelajaran langsung dari siswa melalui buku pelajaran mengenal OJK dan LJK. Selain pembelajaran langsung, siswa juga dapat mempraktekkan pengelolaan keuangan sejak dini melalui SIMPEL. Perluasan akses keuangan melalui SIMPEL salah satu perhatian dari OJK Maluku dan menjadi program utama tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) provinsi Maluku.

“Kegiatan ini selain bentuk implementasi terhadap keputusan Presiden tentang hari Indonesia menabung, surat edaran kementerian pendidikan dan kebudayaan tentang SIMPEL, juga bagian dari bentuk dukungan OJK Maluku terhadap surat edaran Walikota Ambon tentang pelaksanaan SIMPEL SD dan SMP di kota Ambon tahun 2019,” ujar Bambang di kantor BPD Maluku dan Malut, Rabu (4/9/19).

Disebutkan, lomba yang merupakan rangkaian HUT ke 444 kota Ambon ini telah diikuti 42 SMP/MTs dari 59 sekolah di kota Ambon dan telah menghasilkan 9 sekolah ke babak semifinal dan final hari ini (kemarin). “Dalam final lomba cerdas cermat ini juga dilakukan secara simbolis penyerahan PKS antara penyelenggara SIMPEL dan kepala sekolah pelaksana SIMPEL serta simbolis pembukaan rekening baru SIMPEL,” bebernya.

Di kesempatan itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, lomba cerdas cermat ini selain membuka dan menggali wawasan tentang pengetahuan umum tetapi juga menuntun pelajar SMP/MTs khususnya guna memahami inklusi keuangan di kota Ambon umumnya dan pelaksanaan SIMPEL khususnya.

“Diharapkan dapat mewujudkan tujuan inklusi keuangan di tingkat sekolah yakni one student one account dan sekaligus mendorong hadirnya program wajib menabung SIMPEL di masing-masing sekolah,” harap Walikota. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed