Literasi TIK Melalui Pelatihan Operasional Website di Jemaat Syaloom

AMBON,MRNews.com,- Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Ilmu Komunikasi Fakulutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) melakukan literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui pelatihan operasional website bagi operator multimedia dan tim website Jemaat GPM Syaloom Klasis Kota Ambon di Gedung Gereja Syaloom, Selasa (12/11/2019).

Pelatihan dengan materi yang dibawakan Marion Erwin Dien tentang pengenalan, pembuatan dan mengoperasikan website serta Rido Latuheru dengan materi teknik penulisan berita website yang baik, turut mendampingi anggota lembaga PKM Aleen Muskitta. Dihadiri tim website, tenaga IT dan operator multimedia jemaat GPM Syaloom serta ketua harian majelis jemaat GPM Syaloom Pendeta Dirk Picauly.

Pada kesempatan itu, Ketua LPKM Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UKIM Rido Latuheru katakan, melalui literasi TIK ini diharapkan dapat bermanfaat bagi tenaga operator multimedia dan tim website dalam pembuatan serta pengoperasian website jemaat yang nantinya memuat berbagai informasi tentang data jemaat, aktivitas pelayanan di gereja, wadah organisasi dan kegiatan lainnya.

“Diharapkan pula lewat literasi ini pada akhirnya akan melahirkan sebuah website jemaat yang baik sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat atau umat kedepan dalam mengakses informasi pelayanan dan sebagainya terutama dalam pengembangan TIK. Semua ini tidak berhenti sampai disini. Kita akan terus melakukan pendampingan kepada tim website khususnya berkaitan dengan operasional website dan konten-nya,” ujar Latuheru.

Sementara, ketua majelis jemaat GPM Syaloom Pendeta Dirk Picauly tambahkan, lewat kegiatan ini diharapkan bisa menjadi stimulus dan motivasi bagi tim website dan tim multimedia dalam mengembangkan website jemaat yang cukup lama fakum, hampir setahun. Sebab website bagi jemaat sangat penting dan memudahkan seiring perkembangan informasi dan teknologi.

“Didalam website itu jelas akan terkandung informasi tentang data based jemaat, program dan kegiatan pelayanan jemaat, informasi wadah organisasi jemaat serta hal-hal lainnya yang bisa diakses, dibaca masyarakat umum dan umat di jemaat GPM Syaloom setiap waktu termasuk informasi dari Klasis dan Sinode pun bisa dipublish. Semuanya akan serba IT, tidak lagi manual. Fungsinya website disitu,” demikian Picauly. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *