by

Lihat Sikon, Pemberlakuan Jam Malam Didukung DPRD

-Parlemen-253 views

AMBON,MRNews.com,- Wakil Ketua I DPRD Kota Ambon Gerald Mailoa menilai, perlu melihat situasi dan kondisi (Sikon) Ambon saat ini terhadap bahaya virus corona. Jika diperlukan untuk jam malam berlaku, DPRD mendukung kebijakan tersebut. Guna memutus penyebaran coronavirus disease (Covid-19).

“Kita prinsipnya mendukung, kalau diperlukan. Demi mencegah penyebaran Covid-19. masyarakat harus mematuhi langkah pemerintah, bukan membatasi ruang gerak. Tapi kondisi sehingga Pemeritah Kota (Pemkot) Ambon perlu mengambil langkah pencegahan. Kalau dibutuhkan, kita mendukung,” jelas Mailoa kepada awak media di DPRD, Selasa (31/3).

Sebelumnya, rencana pemberlakukan jam malam diusulkan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Maluku Kasrul Selang. Hal itu bukan berarti melarang masyarakat beraktivitas dimalam hari. Melainkan masyarakat dapat beraktivitas terbatas hanya dilingkungan masing-masing.

“Kami sementara berkoordinasi dengan Pemkot terkait teknis penerapan kebijakan itu. Termasuk mensosialisasikannya agar masyarakat tidak panik. Sebab Ambon ibukota provinsi maka perlu ada koordinasi. Tergantung pertimbangan Pemkot bagaimana,” jelas Kasrul kemarin di kantor Gubernur.

Senada, Wakil Ketua II DPRD Kota Ambon Rustam Latupono berpandangan, perlu ada kesepakatan bersama semua pihak untuk pemberlakukan jam malam dikota bertajuk city of music ini. Termasuk dukungan masyarakat, sehingga penyebaran covid-19 ini dapat diatasi.

“Saya kira pemberlakuan jam malam baik. Dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Agar seluruh aktivitas masyarakat dapat dibatasi. Kita mendukung kebijakan itu,” ungkap Latupono.

Namun, hal itu juga perlu dibahas bersama Pemkot. Untuk bagaimana melihat rencana dan teknis pelaksanaannya. Sehingga betul-betul kebijakan ini berdampak langsung dan ada hasilnya.

“Kalau ada aktivitas siang dan malam, ini semakin repot untuk menangani penyebaran corona. Kita akan sampaikan ke Pemkot, silahkan berlakukan jam malam untuk batasi warga beraktivitas malam hari. Semua demi memutus virus corona. Kita di DPRD tentu mendukung,” cetusnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed