Lewat Videoconfrence, Kapolda Pimpin Sertijab Dua PJU & Kapolres

AMBON,MRNews.com,- Melalui videoconfrence, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa memimpin serah terima jabatan (Sertijab) terhadap dua pejabat utama (PJU) dan dua Kapolres di jajaran Polda Maluku, Selasa (5/11/19). Sertijab juga diikuti Wakapolda Maluku, Irwasda dan personil Polda Maluku lainnya.

Pejabat yang melakukan Sertijab diantaranya Direktur Reskrimum dari Kombes Pol Antonius Wantry Yulianto, kepada Kombes Pol Sih Harno, Kabid Hukum dari Kombes Pol Sih Harno kepada AKBP Michael Ken Lingga, Kapolres Maluku Tengah AKBP Raja Arthur Simamora, kepada AKBP Hendrik Purwono, dan Kapolres Kepulauan Aru AKBP Adolof Bormasa, kepada AKBP Eko Budiarto.

Sertijab dengan menggunakan teknologi videoconfrence tersebut terbilang unik karena baru pertama kali terjadi di tubuh kepolisian dimana Kapolda yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) berada di gedung Puldalsis Mabes Polri Jakarta, sementara para pejabat yang Sertijab serta peserta upacara lainya berada di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polda Maluku di Ambon.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Mohamad Roem Ohoirat mengatakan, sertijab melalui videoconference karena Kapolda sementara melaksanakan tugas kedinasan di Jakarta. “Kebetulan pak Kapolda sedang di Jakarta, guna melaksanakan tugas negara sehingga kita gelar sertijab dua PJU dan Kapolres melalui videoconference. Pak Kapolda videoconference langsung dari Mabes Polri,” jelasnya kepada wartawan, Rabu (6/11/19).

Menurut Roem, sesuai Surat Telegram Rahasia (STR) bernomor ST/2853/X/KEP./2019, dan ST/2855/X/KEP./2019 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol. Eko Indra Heri, juga terdapat nama Kapolres SBT AKBP Saminata, dimutasikan sebagai Wadir Sabhara Polda Maluku. Jabatan Kapolres SBT selanjutnya ditempati oleh AKBP Adolof Bormasa yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Aru. Hanya saja jabatan Kapolres SBT sendiri belum dilaksanakan sertijab.

“Kapolres SBT belum sertijab karena yang bersangkutan (AKBP Saminata) sementara melaksanakan umroh, ke tanah suci Mekkah. Sertijab akan dilaksanakan setelah yang bersangkutan kembali. Paling lambat minggu depan, jabatan Kapolres SBT, sudah bisa disertijabkan,” kata Roem.

Juru bicara Polda Maluku ini menegaskan, sesuai amanat dan pesan dari Kapolda, meski memimpin Sertijab lewat videoconference, tidak akan mengurangi sedikitpun nilai dan khidmatnya jalannya Sertijab. Mantan Kakorlantas juga berpesan bagi para pejabat yang Sertijab segara menyesuaikan diri dengan lingkungan baru guna melaksanakan tugas-tugas kepolisian, baik sebagai aparat penegak hukum, pelindung, pengayom maupun pelayan masyarakat.

“Beliau (Kapolda) menyampaikan terima kasih kepada para pejabat yang telah melaksanakan tugas mereka yang baik dan kepada pejabat yang baru untuk segera menyesuaikan diri dan melaksanakan tugas yang diembannya. Kemudian rotasi ini merupakan hal yang biasa dalam lingkungan Polri,” tutupnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *