Lepas Kafilah MTQ Ambon, Sekkot Pesan Empat Hal

AMBON,MRNews.com,- Kafilah Musabaqah Tilawatil Qu’ran (MTQ) Kota Ambon yang akan mengikuti MTQ XXVIII tingkat provinsi Maluku di Kota Namlea, Kabupaten Buru pada 13-21 Juni 2019, resmi dilepas Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A.G.Latuheru mewakii Walikota di lantai II Balaikota Ambon, Jumat (7/6/19). Latuheru pun menyampaikan empat pesan dan harapan kepada duta-duta Islami kebanggaan kota ini.

Pertama, kepada peserta untuk tetap dan selalu menjaga stamina serta kondisi kesehatan agar bisa tampil prima dengan menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Disamping itu, dapat memanfaatkan waktu luang untuk senantiasa berlatih, sesuai dengan cabang yang diikuti.

Kedua, semua peserta dari kota Ambon merupakan duta terbaik dalam bidangnya dan itu telah dibuktikan pada MTQ tingkat kota Ambon beberapa waktu lalu. Tetapi pasti akan kembali diuji, dalam skala yang besar dengan lawan-lawan lebih baik dan tangguh. Untuk itu, kobarkan semangat bahwa kafilah kota Ambon dapat meraih prestasi terhomat pada MTQ tingkat provinsi di Namlea, Buru nantinya.

Ketiga, sebagai duta kota Ambon dalam MTQ tingkat provinsi, juga adalah duta daerah. Maka penting jagalah sikap, perbuatan selama di Namlea dan dalam berinteraksi dengan peserta lomba dan masyarakat. Keempat, pemerintah mendorong dan memacu semangat para kafilah membuktikan kemampuan di ajang MTQ nanti. Diharapkan pula, terjadi hubungan harmonis, dilandasi saling pengertian oleh peserta, pelatih dan pimpinan, dengan mengedepankan pola asah, asih dan asuh agar tercipta kekompakan dan kebersamaan demi satu tujuan, berjuang maksimal untuk meraih prestasi terbaik.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat, saya berdoa semoga kafilah kota Ambon selalu dilindungi TYME selama berlomba dan dapat meraih prestasi gemilang. Para peserta merupakan duta agama Islam, yang dipilih Allah SWT. Sebab disamping soal prestasi, tapi juga meningkatkan interaksi kita dengan Alquran dan menyiapkan lewat tafsir dan terjemahan. Berkompetisilah secara sehat, raih prestasi maksimal. Saya minta para kafilah tetap menjaga nama baik karena MTQ sesungguhnya membawa misi Islami,” ajak Latuheru.

Sementara itu, ketua lembaga pembinaan tilawatil Qu’ran (LPTQ) kota Ambon, Arsad Namsa mengatakan, cabang lomba yang diikuti peserta MTQ kota Ambon sebanyak enam cabang yakni cabang Tilawah, Hifzil Qu’ran, Fahmil Qu’ran, Syahril Qu’ran, Khat Qu’ran dan karya ilmiah Qu’ran, dengan jumlah kafilah sebanyak 78 orang terdiri dari peserta 38 orang dan official 40 orang.

“Melalui persiapan yang meski singkat tapi cukup maksimal, maka Insya Allah kami yakin pada pelaksanaan MTQ tingkat provinsi nanti peserta dari kota Ambon dapat merubah peringkat yang selama ini selalu diraih yaitu pada peringkat IV naik menjadi tiga besar bahkan juara umum. Alasannya, jumlah peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya juga adanya pelatih yang didatangkan dari pusat,” urai Namsa dengan yakin. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *