Lantik Noach Bupati MBD, Gubernur Tegaskan Empat Hal

AMBON,MRNews.com,- Gubernur Maluku, Murad Ismail resmi melantik Benyamin Thomas Noach sebagai Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) sisa masa jabatan 2016-2021, menggantikan Barnabas Nathaniel Orno yang telah terpilih dan saat ini memangku posisi Wakil Gubernur Maluku, yang berlangsung di lantai 7 kantor Gubernur Maluku, Rabu (29/5/19).

Gubernur pun menegaskan empat hal penting dan strategis yang harus diperhatikan Noach selama menjadi Bupati MBD, apalagi tanpa adanya Wakil Bupati. Pertama, ada tiga tugas kepala daerah yang selama ini sering disampaikan di berbagai kesempatan yaitu seorang kepala daerah tugasnya pertama; bisa mengentaskan kemiskinan di daerah, kedua; bisa mensejahterakan masyarakatnya serta ditambah harus mampu menjaga dan mempertahankan sumber daya alam (SDA) agar dapat dimanfaatkan generasi sekarang dan yang akan datang.

“Kedua, khusus untuk pengelolaan SDA blok Masela, saya meminta saudara Bupati dapat mengambil langkah-langkah strategis agar dalam pembangunan blok Masela nantinya dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat MBD dan Maluku pada umumnya,” pinta Murad usai pelantikan.

Ketiga, lanjut Murad, segera lakukan penataan birokrasi dengan mengedepankan pendekatan kompetensi dan maried system sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good goverment.

Keempat, dalam semangat Kalwedo, lakukan koordinasi, komunikasi dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada di daerah terutama DPRD sebagai mitra kerja, jajaran yudikatif, aparat keamanan TNI/Polri, pihak swasta dan seluruh elemen masyarakat untuk membangun sinergitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah.

Menanggapi permintaan Gubernur, Noach mengaku pasca ini dirinya akan mengambil langkah-langkah konkrit untuk peningkatan kesejahteraan, bagaimana mengelola petani supaya terus ada dan tambah pendapatan, upaya pengembangan jagung agar petaninya bisa dapat uang, serta kolaborasi dengan semua stakeholder termasuk DPRD agar sopi bisa diperda-kan secepatnya.

“Termasuk memaksimalkan potensi pemberdayaan perikanan, pertanian, peternakan. Sementara soal blok Masela, tentu Pemda terus siapkan SDM, infrastruktur, sektor ekonomi. Juga koordinasi dan kolaborasi dengan stakeholder horizontal di kabupaten maupun vertikal di provinsi dan pusat diperhatikan,” tukasnya.

Selain Bupati, pelantikan juga dilakukan untuk ketua tim penggerak PKK sekaligus Dekranasda MBD yaitu Relly Ariany Noach oleh Widya Murad selaku ketua tim penggerak PKK dan Dekranasda provinsi Maluku sisa masa jabatan 2016-2021. Pelantikan dihadiri Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Sekretaris Daerah Hamin Bin Thahir, mantan Wakil Gubernur Zeth Sahuburua, Forkopimda Maluku dan undangan lainnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *