by

Lakukan Program Edukatif, KKN Mahasiswa UKIM di 3 Desa/Negeri Sukses

-Pendidikan-137 views

AMBON,MRNews.com,- Kuliah kerja nyata (KKN) 24 mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) angkatan 50 tahun 2020 yang diturunkan pada tiga desa/negeri di kecamatan Baguala Kota Ambon yaitu negeri Passo, desa Negeri Lama dan desa Waiheru sukses meraih simpati masyarakat.

Pasalnya sejumlah program positif dan berdampak langsung telah dilakukan mahasiswa KKN UKIM angkatan 50 kurang lebih 1,6 bulan terutama karena mengedukasi masyarakat dimasa pandemic Covid-19.

Mereka dikoordinir tiga orang dosen instruktur masing-masing Ibu Selfina Embuan (negeri Passo), Ibu Wilma Mamuli (desa Waiheru) dan Bapak Stenly Salenussa (desa Negeri Lama).

Lewat release resmi yang diterima Mimbarrakyatnews.com, Sabtu (14/11), Salenussa menjelaskan, di desa Negeri Lama mahasiswa asuhannya membuat beberapa program strategis yaitu melakukan sosialisasi tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi siswa katekisasi dan masyarakat.

Kemudian pemeriksaan kesehatan bagi orang tua lanjut usia (Lansia) dan remaja, melakukan senam lansia, melakukan pembagian masker dan handsanitizer bagi orang tua Lansia, siswa katekisasi, remaja dan pegawai kantor desa, serta pemasasangan spanduk kawasan waijb masker pada setiap RT (9 RT).

“Antusiame masyarakat sangat tinggi sekali dengan kehadiran mahasiswa KKN UKIM di tiga desa/negeri. Hal ini ditunjukkan dengan keterlibatan dan partisipasi masyarakat maupun staf pemerintah desa melalui dukungan terhadap program kerja yang dilaksanakan,” sebut dosen fakultas ekonomi UKIM itu.

Sementara di negeri Passo, anak dan remaja disasar sosialisasi Covid 19; cara mencuci tangan dan pembuatan handsanitizer. Serta pemeriksaan kesehatan pada orang tua Lansia, pembagian handsanitizer dan masker juga kepada orang tua Lansia, supir angkot dan staf kantor pemerintah negeri (KPN) Passo.

Sedangkan di desa Waiheru, dilakukan pemberian sarana kebersihan {kran/tempat cuci tangan, sabun cuci tangan) dan spanduk edukasi pencegahan Covid-19, pembagian alat pelindung diri (APD) berupa masker dan handsanitizer kepada masyarakat.

Lalu sosialisasi pada masyarakat tentang pentingnya PHBS dalam rumah tangga, sosialisasi tentang pentingnya personal higyne, sosialisasi tentang kanker payudara dan sosialisasi tentang bahaya merokok.

“Kami berharap semua program 24 mahasiswa KKN UKIM angkatan 50 yang sifatnya edukasi itu, dirasakan manfaatnya oleh masyarakat saat ini dan kedepan. Agar dapat merubah perilaku masyarakat agar konsisten menerapkan protokol kesehatan ditengah masa pandemic Covid-19 dan beradaptasi dengan kebiasaaan baru,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed