by

Lagi, Penertiban Pasar & Terminal Mardika Segera Dilakukan

-Kota Ambon-333 views

AMBON,MRNews.com,- Setelah sempat terhenti beberapa waktu akibat sejumlah kendala, penertiban pasar Mardika yang semrawut dari pedagang kaki lima (PKL), mobil transportasi dan terminal Mardika yang tidak sesuai peruntukan segera dijalankan kembali, guna kepentingan penataan dan ketertiban kota lebih baik. Tak saja Mardika, lokasi lain pun yang masih semrawut dan tak sesuai aturan, akan ditertibkan. Namun itu dilakukan perlahan atau tidak masif.

Ketua tim penertiban Kota Ambon, Mien Tupamahu mengatakan, kedepan ini pemerintah kota (Pemkot) Ambon untuk kebijakan-kebijakan, akan melakukan penertiban PKL, supaya jangan mengganggu dan menghalangi kepentingan masyarakat yang ada di pasar, begitu juga dengan mobil transportasi dan sebagainya, dan itu akan dibenahi secara perlahan -lahan.

“Nanti akan ditertibkan juga didalam terminal Mardika. Kan terminal bukan diperuntukan untuk jualan, dan sebagainya tetapi itu kan terminal untuk transportasi dan pengguna. Nanti semua akan disesuaikan dengan peruntukan-peruntukan yang ada,” sebut Tupamahu kepada awak media di Balaikota Ambon, Kamis (24/1/2019).

Dimana-mana juga katanya, untuk menyelesaikan masalah PKL banyak tantangan, bukan cuman di Kota Ambon tapi juga daerah lain. Karenanya, nanti direncanakan itu ada aparat kepolisian dan Satpol PP maupun dinas perhubungan dengan tupoksi masing-masing punya tugas disitu. Supaya ketika lokasi itu sudah dibersihkan, tidak ada lagi yang masuk berjualan dan sebagainya. Demikian pula terminal.

Karena itu, lanjut Asisten I Pemkot Ambon itu, untuk menertibkan terminal memang harus ada keterpaduan, semua lintas sektor yang ada, organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada maupun dengan pihak ketiga untuk satu jalan supaya tidak ada kepentingan-kepentingan lain sehingga dapat diselesaikan. Pasalnya, Pemkot tidak bisa bekerja sendiri, tapi mesti ada bantuan juga dari masyarakat.

“Memang nanti ada petugas ditempatkan disana, setelah penertiban. Tidak mudah, karena langkah seperti ini sudah sering diambil, tapi masih saja ada pelanggaran. Langkah tim penertiban sendiri, akan bertahap. Nanti kita rapat secara teknis dengan OPD-OPD terkait, penanganannya seperti apa itu juga melibatkan kepolisian dan sebagainya. Karena disana masalahnya sudah sangat tidak aman, tidak bisa sendiri. Kita akan melibatkan keamanan untuk bagaimana menertibkan pasar dari PKL dan terminal,” tukasnya.

Terkait anggaran tambahnya, pasti sudah ada di dinas teknis, yang punya kepentingan disitu. Sebab prinsipnya, penertiban menjadi prioritas, tak saja di Mardika tetapi di titik lain yang masih kumuh dan semrawut semacam kawasan pasar lama juga ditertibkan, guna mengembalikan semua pada kondisi semula, termasuk trotoar yang tidak diperuntukan untuk berjualan karena khusus untuk pejalan kaki. “Semua ini dalam kepentingan menuju visit Ambon 2020 dan Ambon sebagai kota maju dan berkembang, bebas kumuh dan tertib,” tutupnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed