by

Lagi, Operasi Urologi Gratis Bagi Warga Ambon

-Kesehatan-1,024 views

AMBON,MRNews.com,- Masyarakat Kota Ambon kembali lagi akan mendapat pelayanan kesehatan gratis dari tim medis Vlissingen-Belanda, berupa operasi bedah Urologi.

Operasi itu berupa operasi bedah saluran kemih, operasi prostat, batu ginjal, batu saluran kemih(kencing), varikokel (varieses pada buah pelir), hidrokel (cairan pada kantung buah pelir), hipospadia (kelainan saluran kencing) dan kriptokismus (kantong buah pelir kosong pada anak-anak.

Bakti sosial berupa operasi gratis Urologi yang merupakan tindaklanjut dari kerjasama sister city antara pemerintah kota (Pemkot) Ambon dan Vlissingen akan terlaksana pada awal Februari 2020, tepatnya 3-14 Februari di RSUD Dr M Haulussy-Ambon.

“Jadi masyarakat kota Ambon yang ingin ikut bakti sosial berupa bedah urologi gratis ini bisa mendaftar lewat Puskesmas-Puskesmas terdekat yang ada di kota Ambon. Dengan membawa KTP dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Batas pendaftaran 31 Januari mendatang,” ungkap kepala dinas kesehatan kota Ambon Wendy Pelupessy kepada awak media di Balaikota, Rabu (22/1/2020).

Di tempat sama, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, Pemkot sudah lakukan sosialisasi intens kepada masyarakat untuk ikut operasi gratis Urologi. Hal ini penting. Sebab jika dikalkulasi, Urologi sekali operasi, akan memakan biaya bila tidak pakai BPJS dan di Makassar paling kecil 20-30 juta. Karena di Ambon hampir belum ada dokter spesialis Urologi.

“Itu hasil dari kerjasama lewat ronda-ronda ke Belanda. Dimana tim kesehatan Vlissingen akan siapkan waktu secara khusus untuk adakan operasi gratis Urologi kepada masyarakat kota Ambon. Saya minta kalau boleh teman-teman media juga bisa sosialisasi itu kepada masyarakat. Karena diperuntukan atau prioritas bagi masyarakat kota Ambon,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed