by

Kuti Kata; Anana Alus-alus Sa Bisa (2 Taw. 34:1-7)

AMBON,MRNews.com,- “Jang pandang enteng orang laeng” (=jangan meremehkan orang lain), “tagal anana alus-alus jua bisa biking yang lebe bae” (=karena anak kecil pun bisa melakukan yang jauh lebih baik).

“Anana tuh suruh skali sa jadi” (=Anak-anak itu sekali disuruh langsung jadi), “tagal dong pikirang seng bakutarika sama orang basar” (=karena pikirannya tidak ribet seperti orang dewasa).

“Dong biking apapa tuh tar maniso deng orang puji, sondor” (=mereka melakukan sesuatu tanpa hiraukan pujian orang, sama sekali tidak).

“Mar yang tua-tua bangka nih, balong par berbuat lai su brekeng sagala rupa macang” (=orang dewasa itu belum melakukan apa pun sudah berpikir macam-macam), “su bagitu tingkai lai” (=dan lagi banyak tingkahnya).

“Konci rekeng sondor apapa satu yang jadi” (=akhirnya tidak ada satu apa pun yang terjadi).

“Anana tuh, asal katong bilang la unju cara skali sa, dong su biking” (=anak-anak itu, asal kita sampaikan dan sekali arahkan, mereka sudah melakukannya), “su bagitu tar tau barsungut” (=dan tidak pernah bersungut), “jua tar minta apapa” (=dan tidak meminta imbalan),

“Mar kalu kasih apapa, dong tar bilang kurang, tarima deng hati sanang paske” (=tapi jika diberi sesuatu, tidak pernah berkata kurang, malah menerima dengan senang hati).

“La coba banding, salah jaga dong biking lebe bae dari yang su babulu putih” (=tapi coba dibandingkan, kadangkala apa yang mereka lakukan lebih baik dibandingkan orang dewasa).

“Jadi jang talalu pandang enteng”, “balong tantu anana tuh tar bisa karja apapa babae satu lai” (=belum tentu anak-anak tidak bisa melakukan hal yang baik/berguna).

“Jadi yang tua-tua bangka nih, jang par biking malu-malu” (=jadi yang tua-tua, jangan sampai malu sendiri).

“Urus karja tuh babae” (=lakukanlah pekerjaanmu dengan baik), “supaya bisa unju conto par anana, jang sampe tabula-bale la anana yang unju conto” (=supaya bisa menunjukkan teladan kepada anak-anak jangan sampai terjadi sebaliknya).

Sabtu, 21 Agustus 2021
Pastori Ketua Sinode GPM Jln Kapitang Telukabessy-Ambon
Elifas Tomix Maspaitella (Eltom). (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed