by

Kunker ke Kodim 1504/Ambon, Ini Arahan Dirterpus TNI-AD

AMBON,MRNews.com,- Kodim 1504/Ambon menerima kunjungan kerja (Kunker) Direktur Teritorial Pusterad (Dirterpus) TNI AD Brigjen TNI Budi Edwar dalam rangka asistensi teknis penyelenggaraan Bintahwil Pusterad Kodim 1504/Ambon TA 2020 di Aula Kodim 1504/Ambon, Senin (14/9).

Dalam arahannya, Budi mengaku, kegiatan asistensi teknis penyelenggaraan Bintahwil Pusterad adalah bagian dari tugas pihaknya sebagai penyelenggara Bintahwil Pusterad.

“Sebagai Dandim pasti akan melaksanakan kegiatan yang merupakan tangungjawab Pusterad yakni Bintahwil, Bakti TNI dan Komsos. Begitu pula bagian-bagian ditubuh TNI mempunyai tugas masing-masing sesuai yang sudah diatur dalam UU TNI,” ujarnya.

Menurutnya, ada 12 kebijakan prioritas Danpusterad. Beberapa antara lain; melanjutkan pembinaan melalui pendidikan dan penataran bagi seluruh apter sebagai pembina pramuka untuk meningkatkan keterpaduan dan keserasian pembangunan Wilhan dengan Pemda dalam rangka menjamin terwujudnya Wilhan yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

Meningkatkan Komsos melalui pemanfaatan medsos dan literasi digital guna mewujudkan rasa cinta tanah air dan Wasbang bagi seluruh komponen bangsa, membantu pemerintah dalam pemerataan pembangunan dan perbaikan infrastruktur wilayah melalui program karya bakti dan TMMD guna menyiapkan rak juang yang tangguh.

“Membantu pemerintah dalam mengatasi kesulitan masyarakat dan bantuan kemanusiaan melalui kegiatan bakti sosial dan guna menyiapkan rak juang yang tangguh. Meningkatkan peran Satkowil dalam Puldatater yang meliputi data geo, demo dan konsos dengan mengoptimalkan program ketatalaksanaan binter,” terang Edwar.

Beberapa stakeholder terkait ikut memberi saran dan apresiasi bagi kerja TNI di Kota Ambon. “Apresiasi kepada TNI khusus Babinsa dalam rangka penanganan Covid-19 dengan cara himbauan untuk kebaikan warganya,” ujar Camat Sirimau Meggy Lekatompessy.

Raja Negeri Soya Jhon Rehatta berharap, kerjasama warga dan TNI untuk memerangi pandemi Covid-19 di kota Ambon. Sementara Ketua klasis GPM kota Ambon Pdt Nick Rutumalessy menilai, toleransi antar umat beragama agar dijaga dengan baik. TNI sebagai ujung tombak dan contoh menjaga keamanan bersama rakyat.

“Kerjasama TNI dan masyarakat sudah berjalan. Tapi kami tetap bekerjasama karena Babinsa selalu ada untuk warga. Tentang TNI sebagai teladan, semua tanggungjawab TNI bersama rakyat untuk melakukan kegiatan yang baik. Sebab TNI tidak bisa bekerja sendiri,” tandas Dandim 1504/Ambon Letkol Inf Dominggus Soumokil.

Dalam kemanunggalan lanjut Budi, TNI rakyat dapat mempertahankan keutuhan wilayah darat dengan melakukan Komsos bersama dengan pembinaan meliputi pembinaan saka bhayangkara, pembinaan netralitas TNI, pembinaan toleransi umat beragama, pembinaan mental pemuda masa depan, peningkatan pendidikan masyarakat di perbatasan dan pelatihan ketrampilan masyarakat profesi. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed