by

Kota Ambon Mulai Vaksin Booster, Lansia & Warga Comorbid Pembuka

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon saat ini sudah mulai lakukan penyuntikan vaksin booster ketiga di Tribun Lapangan Merdeka. Warga lanjut usia (Lansia) dan yang memiliki Comorbid atau penyakit bawaan jadi pembuka jalan dan gratis atau tidak dipungut biaya.

Kepala dinas Kesehatan kota Ambon Wendy Pelupessy katakan, suntikan vaksin booster ketiga dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sesuai anjuran Presiden RI, Joko Widodo, dengan sasaran pertama untuk usia rentan seperti warga Lansia dan orang-orang dengan penyakit penyerta atau komorbid.

“Vaksin booster itu gratis sesuai arahan Pa Presiden. Dan sekarang kita sudah mulai dengan Lansia dan mereka yang memiliki komorbid, lokasinya di tribun lapangan merdeka,” katanya kepada wartawan di Ambon, Rabu (19/1).

Meskipun telah dilakukan kepada Lansia dan orang komorbid, namun untuk warga usia dewasa atau umum, diakui Pelupessy, belum dapat dilaksankan sebab capaian vaksinasi dosis kedua belum mencapai target 60 persen.

“Yang untuk umum kita mesti tunggu sampai 60 persen sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kalau belum capai yah tentu tidak bisa, baru Lansi dan Komorbid saja,” terangnya.

Pelaksanaan penyuntikan vaksinasi booster ketiga sekaligus lanjutan vaksin usia 6-11 tahun kepada anak-anak yang belum melakukan vaksinasi berada di satu lokasi karena disana semua jenis vaksin tersedia.

“Lokasinya di Tribun Lapangan Merdeka, vaksin booster ketiga dan anak-anak. Disana untuk semua golongan karena semua jenis vaksin tersedia,” tandas Pelupessy.

Tak hanya di Tribun Lapangan Merdeka, namun menurut Pelupessy, vaksin bagi anak usia 6-11 tahun juga bisa di Puskesmas dan sekolah. Sama halnya dengan penyuntikan booster ketiga bagi Lansia juga dilakukan di Puskesmas.

“Yang belum sempat divaksin kami sisir kembali untuk anak usia 6-11 tahun. Di Tribun, Puskemas, di sekolah-sekolah, dan di lokasi khusus (lokus) yang sudah ditetapkan,” bebernya.

Mengenai apakah akan mencapai target 31 ribu lebih untuk anak usia 6-11 tahun sesuai harapan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy beberapa waktu lalu diakhir bulan, Pelupessy optimis dapat memenuhi, dengan capaian minimal 70 persen.

“Minimal 70 persen supaya herd immunity anak itu tercapai. Selalu kita maksimalkan, tetap kita optimis untuk mencapai itu,” harap Pelupessy.

Optimisme itu berangkat dari progress anak-anak yang vaksin cukup baik. Ini berdampak pada naiknya persentase vaksin yang sudah mencapai 53 persen hingga saat ini pada kategori usia 6-11 tahun.

“Berarti semakin bagus, antusias. Sebab terus ada di lapangan yang setiap hari orang tua bawa anaknya divaksin. Dengan kerja maksimal dan didukung semua pihak termasuk masyarakat, kita optimis,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed