by

Kota Ambon Harap Kebagian 50-75 Set APD

-Kota Ambon-270 views

AMBON,MRNews.com,- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat gugus tugas pencegahan dan penangan Covid-19 mengharapkan kebagian 50-75 set alat pelindung diri (APD) dari 2000 set yang diberikan pemerintah pusat lewat gugus tugas Covid-19 nasional ke Maluku.

“Kita berharap bisa mendapat 50-75 buah APD model baju astronot itu untuk bisa dipakai para medis dokter dan perawat yang bekerja menangani pasien Covid-19 disejumlah puskesmas dan rumah sakit,” ungkap ketua gugus tugas Covid-19 kota Ambon Syarif Hadler.

Selain karena APD saat ini langka, tetapi juga sangat penting dibutuhkan para medis baik dokter maupun perawat yang bertugas digarda terdepan melayani pasien dalam pengawasan (PDP) maupun orang positif Covid-19 di Puskesmas maupun rumah sakit.

“APD sangat penting guna membantu kerja para medis berjalan lancar dan tidak khawatir akan keselamatannya meski dalam posisi membantu orang lain,” jelas Hadler di posko gugus tugas, Minggu (29/3).

Pihaknya berharap dalam satu atau dua hari ini sudah bisa mendapat APD yang merupakan bagian dari kebutuhan sangat urgen para medis agar digunakan sesuai peruntukannya. Sebab tiap harinya angka orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (ODP) Covid-19 terus naik meski tidak terlalu signifikan.

“APD itu untuk kepentingan pada dinas kesehatan dan 22 Puskesmas yang ada di Kota Ambon agar bisa maksimal dalam bekerja. Saat ini mereka masih pakai manual dan apa adanya khusus baju pelindung,” jelas Hadler yang juga Wakil Walikota Ambon.

Diketahui, gugus tugas Covid-19 provinsi Maluku telah menerima 2000 set APD yang dikirim oleh pemerintah pusat lewat gugus tugas nasional Covid-19 melalui jalur udara, Jumat (27/3/2020). Jumlah itu sesuai jatah yang diberikan pusat ke Maluku dan provinsi lainnya.

2000 set APD selanjutnya akan dibagi merata ke 11 kabupaten/kota agar bisa digunakan dokter dan perawat yang bertugas di rumah sakit dan Puskesmas dalam penanganan pasien Covid-19 dan pasien dalam pengawasan (PDP). (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed