by

Kota Ambon & Dumai Dipilih KKP Jalankan Sekolah Pantai Indonesia

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon Provinsi Maluku dan Kota Dumai Provinsi Riau dipilih oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk pelaksanaan Sekolah Pantai Indonesia (SPI) tahun 2021.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perikanan pun menetapkan SMP Negeri 8 Ambon di Negeri Hutumuri Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) sebagai pelaksana SPI tahun 2021 tersebut.

“Di tahun 2021, KKP pilih Kota Ambon dan Dumai untuk pelaksanaan SPI. Dan SMPN 8 Ambon di Hutumuri wakili Kota Ambon. Ini pertama kalinya program SPI dijalankan di kota Ambon,” tandas Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon Febby Maail saat dihubungi via seluler, Sabtu (5/6).

Pelaksanaan SPI 2021 di SMP Negeri 8 Ambon bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup hari ini yang telah dibuka Barnard Purba, dari Direktorat Pengelolaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil KKP.

Dinas Perikanan dan beberapa guru SMPN 8 terlibat sebagai pendamping SPI di Kota Ambon.

“Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 8 Ambon Hans Maitimu, S.Pd, M.Pd, menyambut baik pelaksanaan SPI di sekolahnya yang melibatkan 50 orang siswa,” bebernya.

Adapun proses pembelajaran SPI kata dia, menerapkan prinsip 4A, yaitu Amati, Analisa, Ajarkan, dan Aksi. Karena itu selain sosialisasi dan pembelajaran kelas, juga dilakukan praktek lapangan.

Kemudian ada aksi nyata guna menumbuhkan kesadaran untuk mitigasi bencana dan perubahan iklim, sekaligus menumbuhkan ketangguhan masyarakat di pantai, pesisir, dan pulau kecil.

“Kedepan kita mendorong dan terus berkolaborasi dan bermitra dengan KKP maupun para mitra lain, agar SPI ini terus dilanjutkan, dan dapat direplikasi dibanyak tempat di Kota Ambon,” pungkas mantan Plt Kepala Bappeda Litbang Kota Ambon itu. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed