by

Kota Ambon Dapat Alat Deteksi Dini Gempa & Tsunami

-Kota Ambon-186 views

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon mendapat tambahan alat deteksi dini gempabumi dan tsunami. Alat bernama warning receiver system (WRS) InaTEWS NewGen, merupakan model teknologi baru bantuan BMKG. Sebab Ambon dan Maluku umumnya masuk wilayah berpotensi gempabumi dan tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Ambon Sunardi mengaku, didaerah Kota Ambon terutama Maluku daerah yang dilingkupi patahan sangat aktif dan rawan bencana terutama unsur gempa besar dan tsunami. Ini salah satu alasan BMKG selalu berinovasi tentang pelayanan terutama gempabumi dan tsunami.

Moment ini dikatakan, sangat penting untuk memperkuat sistem mitigasi WRS yang telah beroperasi sejak tahun 2008 hingga sekarang. Sejak 2008 BMKG sudah memasang 275 WRS termasuk 13 di Maluku. Namun mengingat peralatan WRS masih dibutuhkan pemerintah daerah dan lembaga/kementerian maka 2020 ini BMKG memasang WRS durasi terbaru di 315 lokasi termasuk 14 lokasi di Maluku.

“Tiga unit dipasang di Ambon, salah satunya di kantor Walikota. WRS NewGen, salah satu peralatan SOP peringatan/penerima informasi dini tsunami dan gempabumi berupa sumat listik. Guna menjamin stakeholder menerima informasi gempabumi dan tsunami untuk mengambil langkah penting selanjutnya agar masyarakat selamat,” ujar Sunardi usai penyerahan di Balaikota Ambon.

WRS terbaru ini secara cepat dan real-time otomatis akan memberi informasi gempa dan peringatan dini tsunami kurang lebih 3 menit. “BMKG terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar segera mungkin dapat menerima informasi dari BMKG soal gempabumi dan tsunami,” tukasnya, Sabtu (20/6).

Sementara, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler menegaskan, Pemkot membutuhkan alat ini dan ditempatkan di Balaikota. Karena sangat penting untuk mendapat informasi cepat soal gempabumi dan peringatan dini tsunami. Pasalnya di Maluku dan Kota Ambon belakangan sering terjadi gempabumi yang cukup banyak.

“Terpenting orang yang mengoperasinya benar-benar paham agar alat ini tidak mudah rusak. Bukan soal harga tapi manfaatnya. Terima kasih kepada BMKG. Perangkat WRS ini sangat bermanfaat untuk Pemkot dan kita akan informasi. Agar tidak lagi ada masyarakat panik dan tidak tahu,” tutupnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed