by

Kota Ambon & 4 Daerah Diprediksi Masih Hujan Sedang-Lebat

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon bersama empat kabupaten/kota lainnya yaitu kota Tual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT) dan Maluku Barat Daya (MBD) merupakan wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Hal itu sesuai prediksi prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku Yohan Rottie, Minggu (20/6/21).

Kondisi tersebut menurutnya, diprediksi akan terjadi Senin (21/6). Sementara Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) diperkirakan atau berpotensi terjadi angin kencang lebih dari 45 km/jam diwaktu yang sama.

“Untuk wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat selama 20-22 Juni 2021 sama sekali tidak dialami Kabupaten/Kota manapun,” jelasnya.

Dijelaskan, anomali suhu permukaan laut diwilayah Maluku seminggu terakhir menunjukkan keadaan yang normal hingga menghangat yakni berkisar antara 0-2.0 derajat celcius yang mengindikasikan adanya tambahan suplai uap air khususnya pada wilayah laut Seram dan perairan Kei.

“Kelembaban udara lapisan 850-700mb juga menunjukkan keadaan yang basah berkisar antara (70 %-100%). Labilitas udara khususnya pada wilayah laut Seram dan Kepulauan Kei dapat mendukung pertumbuhan awan-awan hujan diwilayah tersebut,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed