by

Konferda PWI Maluku, 120 Anggota Biasa Siap Memilih

AMBON,MRNews.com,- Konferensi Daerah (Konferda) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku tahun 2018 bakal dihelat besok, Sabtu (24/2) di Marina Hotel Ambon. Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Hamin bin Thahir dipercayakan Plt Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua untuk menghadiri event lima tahunan bagi organisasi kewartawanan Maluku tersebut.

Dipastikan, 120 orang anggota biasa pemilik kartu anggota PWI Maluku dari 11 kabupaten/kota akan menyalurkan haknya untuk memilih ketua umum PWI Maluku periode 2018-2023, menggantikan Plt ketua saat ini, Frejon Toumahuw.

“Panitia sudah 99 persen siap menggelar Konferda PWI Maluku besok di Marina hotel jam 09.00 Wit sampai selesai. Tinggal finalisasi akhir saja. Pemilik hak suara untuk dipilih dan memilih ketua PWI yang baru periode lima tahun kedepan, ditentukan oleh 120 orang anggota biasa dari 122 yang sudah terverifikasi, dua diantaranya tidak bisa karena telah meninggal dunia,” tandas Ketua Panitia Pelaksana Konferda, Mochtar Touwe kepada awak media usai rapat akhir bersama PWI Pusat di kantor PWI Maluku, Jumat (23/2).

Dikatakan Touwe, hanya 120 yang terverifikasi memiliki hak pilih dan memilih, karena memang mereka masih memiliki kartu anggota PWI yang belum habis masa berlaku. Sedangkan, yang sudah tidak berlaku/melakukan perpanjangan, tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Sementara bagi anggota muda, bakal terlibat sebagai peninjau di momen tiga tahunan tersebut.

“Anggota muda bisa hadir, tapi hanya sebagai peninjau. Semua peserta sudah diverifikasi PWI pusat dan daerah. Semua itu kita lakukan sesuai PD/PRT PWI,” singkatnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Daerah PWI Pusat Atal S Depari berharap, Konferda PWI tersebut dapat berjalan lancar dan melahirkan kepemimpinan yang baru lima tahun kedepan, sebagaimana pengalaman sebelumnya yang juga aman dan lancar, sesuai Pedoman Dasar-Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI. Karena itu, kehadirannya sama sekali tidak untuk mengintervensi proses Konferda tetapi hanya menjadi wasit menegakkan kebenaran sesuai PD/PRT apabila ada yang melenceng.

“Soal syarat dan ketentuan memilih calon ketua PWI, sebagaimana ketentuan dalam PD/PRT PWI, yakni harus anggota biasa minimal 5 tahun yang dibuktikan dengan kartu anggota PWI aktif, minimal pernah berada sebagai pengurus PWI Maluku pada posisi apapun serta memiliki sertifikasi kategori utama pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Di Maluku, ada 15 anggota utama PWI Maluku,” terang Atal ketika ditanya wartawan soal syarat dan ketentuan calon Ketua PWI Maluku.

Di tempat sama, Plt Ketua PWI Maluku Frejon Tomahuw mengungkapkan, dirinya dan kepengurusan PWI siap menyampaikan laporan pertanggungjawaban program PWI selama mengemban tugas kepada forum Konferda yang dihadiri 120 anggota biasa, anggota muda dan PWI Pusat. Namun, soal kemungkinan dirinya bakal bertarung lagi, Tomahuw hanya senyum serta tertawa tak lepas sembari menghindar dengan menjawab pertanyaan lainnya. (MR-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed