Komisi II Apresiasi Raihan Opini WTP Pemkot

AMBON,MRNews.com,- Komisi II DPRD Kota Ambon memberi atensi dan apresiasi kepada pemerintah kota (Pemkot) Ambon yang sukes meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari badang pemeriksa keuangan (BPK) perwakilan provinsi Maluku untuk kedua kalinya secara berturut-turut terhadap laporan keuangan pemerintah derah (LKPD) tahun 2018. Yang mana laporan hasil pemeriksaan (LHP) telah diterima Walikota dan ketua DPRD kota Ambon, Senin (27/5/19) di kantor BPK perwakilan Maluku.

“Sebagai mitra kerja pemerintah, DPRD kota Ambon khususnya komisi II yang bersentuhan langsung dengan bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah Pemkot, mengapresiasi kerja Pemkot selama tahun 2018 berkaitan dengan LKPD sehingga bisa mempertahankan predikat opini WTP untuk kedua kalinya,” tandas Sekretaris Komisi II, Zeth Pormes kepada media ini via seluler, Kamis (30/5/19).

Hasil tersebut diakui Pormes, buah dari kerja keras aparatur pemerintah, masyarakat maupun peran DPRD juga yang tidak dilepas sebagai fungsi kontrol, sebagaimana tugas utama. Karenanya, perlu diingat bahwa prestasi itu harus dijadikan motivasi dalam memacu kerja agar semakin lebih baik kedepannya dan terus mempertahankan opini WTP pada LKPD 2019. Sebab itu hanya bonus, bukan tujuan.

Meski begitu politisi Golkar yang juga sekretaris fraksi beringin ini menegaskan, agar Pemkot tidak lupa dengan hal-hal yang harus segera dibenahi dan selesaikan dalam jangka waktu sesuai ketentuan sejak LHP diterima. Sebab dari LHP, ada beberapa rekomendasi BPK yang mesti diperbaiki oleh Pemkot untuk melengkapi laporan keuangan itu.

“Tentu kami berharap tahun 2019, kota Ambon tetap mendapat WTP. Sebagai bukti komitmen atas kerja keras, yang dipandang bukanlah tujuan tapi hanya bonus. Maka penting Pemkot segera melihat catatan rekomendasi BPK terhadap LKPD 2018 untuk bisa diperbaiki dan dituntaskan. DPRD tentu akan mensupport jika diperlukan, tak saja tentang keuangan tetapi juga program dan kebijakan pemerintah yang bertujuan bagi kemajuan kota dan kesejahteraan masyarakat,” demikian Pormes. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *